Kaba Terkini

Ruang ISO RSUD Lubukbasung Penuh, dr. Elvera Susanti : Aktifkan ISOMAN Nagari

Lubukbasung, kaba12.com — Mengantisipasi ketersediaan ruang isolasi untuk masyarakat kabupaten Agam yang terkonfrimasi positif covid-19 yang beberapa waktu belakangan mengalami lonjakan yang signifikan, kepala unit Isolasi RSUD Lubukbasung dr.Elvera Susanti, usulkan agar seluruh nagari kembali memfungsikan kompleks isolasi mandiri (isoman) di seluruh nagari di kabupaten Agam.

Kompleks isolasi mandiri yang tahun lalu sudah dimanfaatkan di berbagai nagari di kabupaten Agam, dinilainya efektif untuk menampung lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid-19 yang setiap hari jumlah terus bertambah saat ini.

Baca Juga:  Pemkab.Agam Siap Bangun Rumah Warga Terdampak Banjir Bandang Galapung

Hal itu dijelaskan dr.Elvera Susanti, dokter ahli paru yang juga kepala unit ISO RSUD Lubukbasung menjawab kaba12.com, terkait dengan daya tampung kompleks isolasi covid-19 satu-satunya di kabupaten Agam saat ini.

Disebutkan, pihaknya mengusulkan pada pemangku kebijakan di Pemkab.Agam untuk segera bersikap dengan mendorong seluruh nagari kembali aktif melakukan berbagai langkah penanganan covid-19, termasuk mengaktifkan kembali posko Satgas Covid-19.

Sebelumnya, di berbagai nagari sudah ditetapkan ada kompleks isolasi mandiri yang dioperasional-kan, bahkan sangat membantu tim kesehatan ditengah keterbatasan yang dimiliki daerah, saat ini, tercatat 15 warga diisolasi diluar pasien PDP, “ menurut kami langkah itu sangat efektif, “sebutnya.

Baca Juga:  Manfaatkan Mushala Untuk Perkuat Nilai Keagamaan

Selain itu, diharapkan Elvera Susanti yang juga ketua IDI Cabang Agam itu, Pemkab.Agam untuk segera kembali mengoperasionalkan BLK Sungai Jariang yang sebelumnya dijadikan kompleks isolasi daerah, menyikapi perkembangan kondisi yang terjadi saat ini.

“ Kami berharap, solusi itu bisa dilakukan segera, sehingga langkah penanganan warga yang terkonfirmasi baru bisa segera dilakukan segera melalui proses screaning dan tahapan medis lain, “ sebutnya.

Baca Juga:  Seorang Pria Meninggal Dunia Saat Sujud Shalat Tarawih

Secara terpisah, terkait dengan kesiapan dan dukungan pemerintah nagari dalam proses isolasi mandiri, menurut Teddy Martha, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Agam meyakinkan, pihaknya sudah berkoodinasi dengan seluruh jajaran pemerintah untuk mempersiapkan operasional posko Satgas Penanganan Covid-19 di Nagari.

Bahkan, pihaknya sudah menurunkan tim DPMN Agam ke lapangan untuk mensosialisasikan langkah penanganan, termasuk kemungkinan dibuat kompleks isolasi mandiri ditingkat nagari, “ kita sudah koordinasi, termasuk dana pendukungnya, “sebut Teddy Martha.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top