Kaba Terkini

Pekan Kedua Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Agam Masih Fluktuatif

Tanjung Raya, kaba12.com — Memasuki pekan kedua bulan Ramadhan 1442 H, harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Agam masih mengalami fluktuatif. Beberapa kebutuhan pokok diantaranya mengalami kenaikan dan penurunan yang cukup signifikan.

Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Yeni (30) mengakui harga sejumlah kebutuhan pokok masih banyak yang tidak stabil.

Ia mencontohkan, salah satunya adalah harga cabai merah keriting yang turun sejak awal Ramadhan atau sekitar 10 hari lalu. Saat ini harga jual cabai merah keriting berkisar Rp 40 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 48 ribu per kilogram.

Baca Juga:  HAB ke 73 Jaga Kebersamaan Umat

“Stok cabai merah keriting saat ini masih banyak di tingkat petani dan distributor, makannya sekarang harganya turun. Turunnya harga cabai juga dikarenakan permintaan masyarakat saat bulan puasa sedikit, dibanding dengan hari biasanya,” kata Yeni saat ditemui kaba12.com, Jum’at (23/4).

Ia menambahkan, kemungkinan harga cabai merah keriting diperkirakan akan melonjak menjelang lebaran Idul Fitri nanti, atau pada akhir bulan Ramadhan. “Kemungkinan harganya kembali naik menjelang hari raya lebaran,” ujarnya.

Disamping itu, harga bawang merah saat ini justru melonjak dari harga sebelumnya. Saat ini bawang merah dijual pedagang berkisar Rp 35 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram.

Baca Juga:  IHSG Dibuka Rebound ke 6.331

“Penyebab kenaikan harga bawang merah ini saya tidak tau, untuk ketersediaan stok masih banyak. Yang jelas harga jual dipasaran memang segitu sejak sepekan Ramadhan,” ungkapnya.

Sementara itu, harga cabai rawit hijau saat ini mengalami anjlok sejak 4 hari lalu. Dimana harga cabai rawit hijau dijual pedagang sekarang Rp 15 ribu per kilogram.

“Cabai rawit hijau sekarang anjlok. Harganya turun sudah 4 hari yang lalu. Sebelumnya hanya Rp 25 ribu per kilogram, sementara saat ini Rp 15 ribu,” katanya lagi.

Baca Juga:  KPU Bukittinggi Turunkan 341 Pantarlih

Disisi lain, Yeni menyebutkan beberapa kebutuhan dapur yang masih stabil. Diantaranya bawang putih Rp 25 ribu per kilogram, kentang Rp 12 ribu per kilogram, tomat Rp 10 ribu per kilogram, dan jahe Rp 25 ribu per kilogram.

Sedangkan harga daging ayam potong saat ini masih dijual pedagang berkisar Rp 60 ribu per ekor.

Kemungkinan sejumlah bahan pokok lainnya akan mengalami kenaikan pada akhir bulan Ramadhan, karena permintaan masyarakat pada saat itu meningkat untuk memenuhi kebutuhan di hari raya lebaran Idul Fitri 1442 H.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top