Kaba Terkini

Selama Ramadhan, Rutan Kelas IIB Maninjau Fokus Gelar Program Kerohanian

Maninjau, kaba12.com — Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, tengah memfokuskan program kegiatan kerohanian atau keagamaan kepada warga binaan pemasyarakatan selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijiriah.

Pembekalan keagamaan itu merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan bagi warga binaan di bulan penuh berkah.

Selain itu, Rutan Kelas IIB Maninjau juga mendorong warga binaannya untuk melakukan tadarus Al Qur’an secara rutin guna mengisi kekosongan waktu saat menjalani ibadah puasa.

Baca Juga:  PBM Daring, SMAN Agam Cendekia Pinjamkan HP Bagi Siswa Kurang Mampu

Kepala Rutan Kelas IIB Maninjau Desrianto mengatakan, program kegiatan kerohanian bagi warga binaan pemasyarakatan merupakan agenda khusus yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa agenda yang diikuti oleh seluruh warga binaan pemasyarakatan yaitu, tadarus, sholat tarawih berjamaah, dan ceramah agama.

“Alhamdulillah, seluruh narapidana atau warga binaan pemasyarakatan di Rutan Maninjau sangat khusyu’ dan antusias melaksanakan kegiatan kerohanian selama bulan Ramadhan ini. Kita berharap kegiatan ini bisa bermanfaat bagi mereka, terutama untuk pribadinya masing-masing,” kata Desrianto kepada wartawan, Kamis (22/4).

Baca Juga:  Pilwana Serentak 2019 Kabupaten Agam Dimulai 4 November 2019

Ia menambahkan, pihaknya juga akan memberikan reward atau hadiah bagi narapidana yang khatam Al-Quran 30 juz selama bulan Ramadhan sebagai wujud apresiasi. Hal ini dilakukan untuk memberi motivasi kepada narapidana, agar selalu meningkatkan keimanannya dengan membaca Al-Qur’an.

“Bagi narapidana yang khatam Al-Quran 30 Juz selama Ramadhan, akan kita berikan hadiah berupa kain sarung, baju koko, dan sebagainya pada saat lebaran nanti,” ujar Desrianto.

Baca Juga:  Nikmatnya Palai Rinuak Makanan Khas Danau Maninjau

Menurutnya, kegiatan kerohanian yang difokuskan selama Ramadhan diharapkan dapat memberikan penguatan mental spiritual bagi warga binaan baik di dunia maupun di akhirat.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat untuk menambah keimanan warga binaan. Sehingga setelah Ramadhan nanti, mereka diharapkan bisa terbiasa melakukan kegiatan keagamaan secara rutin terutama membaca ayat suci Al Qur’an,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top