Kaba Terkini

Kasus Aksi Teror Pembakaran Masih Misteri, Ninik Mamak Bawan Desak Polisi Tangkap Pelaku

Lubukbasung, kaba12.com — Kalangan ninik mamak Nagari Bawan, kecamatan Ampek Nagari desak pihak kepolisian untuk segera mengungkap tabir misteri aksi teror pembakaran kendaraan dan rumah milik 2 orang ninik mamak, Kamis,(1/4) dini hari lalu.

Pasalnya, sudah memasuki hari ke-17, hingga Sabtu,(17/4) ini, pihak kepolisian masih belum menginformasikan secara terbuka pada public perkembangan kasus tersebut, termasuk pengungkapan dugaan tersangka pelaku, dan hal-hal yang bersangkutan dengan kasus tersebut.

Disebutkan, pengungkapan secara tuntas kasus tersebut, akan berdampak positif terhadap kondisi yang berkembang saat ini, termasuk akan meredakan beragam pro-kontra yang terjadi ditengah masyarakat menyusul kasus teror tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Indra Nova Dt.Panduko Basa, Wakil Sekretaris Kerapatan Adat Nagari (KAN) Bawan, kecamatan Ampek Nagari, menjawab kaba12.com terkait dengan perkembangan informasi penanganan yang dilakukan pihak kepolisian terkait dengan 2 kasus teror terhadap ninik mamak Nagari Bawan, masing-masing H.Khaidir Dt.Palimo, di Simpang Ampek Mato Aia, Jorong IV Surabayo, Nagari Lubukbasung.

Baca Juga:  Dihantam Badai Dua TPS Dipindahkan di Canduang

Keluarga korban H.Khaidir Dt.Palimo diteror dengan cara aksi pembakaran kendaraan roda empat jenis Toyota kijang LGX yang rusak berat akibat dibakar orang tidak dikenal, sehingga hangsu di bagian belakang kendaraan tersebut.

Teror kedua dihari yang sama, juga dialami Aprianto Dt. Tan Majolelo rumah korban di Sago, Nagari Manggopoh diduga sengaja dibakar orang tidak dikenal, dan mengalami kerusakan yang cukup parah, karena mayoritas rumah miliknya hangus terbakar.

Disebutkan I.N.Dt.Panduko Basa, pihaknya bersama keluarga korban serta seluruh kalangan ninik mamak dan anak kemenakan di Nagari Bawan, sangat berharap kasus teror yang dialami dua ninik mamak Nagari Bawan itu, bisa segera terungkap dengan tuntas sampai ke otak pelaku, karena hal itu penting untuk menjaga stabilitas dalam masyarakat, selain memberi rasa aman kepada kedua korban aksi teror, termasuk kepada kalangan ninik mamak lainnya.

Baca Juga:  Pordasi Sumbar Raker Siapkan Jadwal Pacuan 2019-2020

“Kami sangat berharap, kasus itu bisa segera terungkap, dan para pelaku diberi sangsi berat sesuai aturan hukum yang berlaku. Dan kami yakin, pihak kepolisian akan segera mengungkap tabir kasus tersebut, “harap N.I.Dt.Panduko Basa lagi.

Sebelumnya hal senada dikatakan Dt.Kando, ketua KAN Bawan, kecamatan Ampek Nagari yang berharap, pihak kepolisian mengungkap dengan cepat kasus teror terhadap ninik mamak nagari Bawan tersebut, karena dua aksi teror yang terjadi, dikuatirkan akan berdampak lain bagi aktivitas masyarakat di wilayah nagari Bawan tersebut.

Baca Juga:  BPBD Agam Akan Bentuk KSBS

“ Kita bersama kalangan ninik mamak Bawan, berharap, kasus itu bisa segera terungkap, dan para pelaku dijatuhi sangsi hukum sesuai ketentuan yang berlaku, “ harap Dt.Kando.

Ketua KAN Bawan itu, mengaku optimis, pihak kepolisian dengan berbagai dukungan perangkat canggih saat ini, serta dengan personil yang professional dan mumpuni dibidangnya, bisa segera mengungkap tabir kasus tersebut.

Kasus teror dengan cara aksi pembakaran terhadap 1 kendaraan dan 1 rumah milik ninik mamak Nagari Bawan itu, membuat geger wilayah Sumatera Barat. Pasalnya, secara nasional suasana politik nasional sedang dipanaskan dengan adanya aksi teror bom di Sulawesi dan kasus di Mabes Polri, sementara di Lubukbasung juga muncul aksi teror di rumah 2 ninik mamak Nagari Bawan, kecamatan Ampek Nagari.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top