Kaba Terkini

Pemnag Paninjauan Lanjutkan Pembangunan Jalan Usaha Tani di Jorong Pauah

Paninjauan, kaba12.com — Pemerintah Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, secara bertahap melanjutkan pembangunan fisik jalan usaha tani di Jorong Pauah pada tahun 2021.

Pembangunan jalan tersebut dilakukan untuk menunjang hasil pertanian dan perikanan tambak milik masyarakat sekitar.

Sekretaris Nagari Paninjauan, Dedi Andri mengatakan, pembangunan lanjutan jalan usaha tani sepanjang 151 meter dengan lebar 3 meter itu bakal dilaksanakan pada akhir bulan April 2021. Ia menyebut, kegiatan lanjutan pembangunan fisik itu menelan anggaran dana desa (DD) tahun 2021 sebesar Rp 60.620.496.

Baca Juga:  Bahaya penyakit ¬†Kulit di balik Gatal

“Pembangunan lanjutan jalan usaha tani ini akan dimulai pada akhir bulan April nanti secara swakelola, dengan waktu pengerjaan selama 30 hari kalender,” kata Dedi Andri didampingi Kaur Perencanaan Nagari Paninjauan Septiva Misliani kepada kaba12.com, Kamis (15/4).

Dedi menambahkan, jalan usaha tani di Jorong Pauah ini sebenarnya memiliki panjang total sekitar 500 meter. Dimana pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu secara bertahap, lantaran menyesuaikan dengan hasil musyawarah nagari yang digelar setiap tahunnya.

Baca Juga:  Tim Dosen UNP Laksanakan PKM di Manggopoh

“Pembangunan jalan usaha tani di Jorong Pauah merupakan lanjutan dari pekerjaan rabat beton tahun 2016 lalu. Untuk tahun ini, pembangunannya kembali kita lanjutkan sepanjang 151 meter,” ujarnya.

Lebih lanjut disebutkan, pembangunan jalan usaha tani ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian dan perikanan tambak menuju tempat tujuannya masing-masing.

Baca Juga:  Tersangka Penusukan Asnil Diamankan

Menurutnya, adanya akses transportasi yang memadai diharapkan dapat meningkatkan hasil di sektor pertanian dan perikanan tambak bagi masyarakat sekitar. Sehingga hal ini dinilai dapat memberikan pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik untuk kedepannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya peningkatan jalan usaha tani ini, diharapkan kedepannya dapat mendorong peningkatan hasil produktifitas masyarakat terutama di sektor pertanian dan perikanan tambak,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top