Kaba Pemko Bukittinggi

Ramadhan 1442 H, Wako Himbau Tingkatkan Ibadah dan Keluarkan Sejumlah Larangan

Bukittinggi, KABA12.com — Sejak Selasa (13/04), umat muslim seluruh dunia mulai melaksanakan ibadah puasa Ramadhan untuk tahun 1442 Hijryah. Untuk itu, Wali Kota Bukittinggi, telah mengeluarkan edaran tentang himbauan dalam rangka menghadapi Ramadhan 1442 H atau 2021 masehi.

Salam edaran itu, Wali Kota Bukittinggi. Erman Safar, menyampaikan, dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah dengan ini seluruh warga Bukittinggi dan masyarakat umumnya diimbau untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dengan penuh rasa syukur, meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Baca Juga:  Polres Bukittinggi Amankan Enam Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Menjaga kebersihan ketertiban keindahan keamanan dan kenyamanan di masjid, mushola, sekolah, kantor, rumah dan lingkungan lainnya, agar tercipta rasa aman dan dalam beribadah.

Wako juga mengimbau untuk menjadikan ibadah puasa sebagai sarana melatih jasmani dan rohani dalam mengendalikan hawa nafsu, mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Santuni fakir miskin dan kaum dhuafa sebagai kunci perkokoh kesetiakawanan sosial.

Selain itu, untuk mengantisipasi penularan virus corona, tetap jalankan protokol kesehatan, dengan cara pelaksanaan 3M, menjaga kebersihan badan dan pakaian. Menutup mulut dengan tisu atau sapu tangan saat batuk menghindari dan mengurangi kegiatan di luar rumah serta membawa sajadah saat shalat berjamaah di Masjid.

Baca Juga:  Rekapitulasi KPU Bukittinggi Selesai, Gerindra Raih Kursi Terbanyak

Wako juga himbau masyarakat Bukittinggi untuk mengendalikan diri segala perbuatan yang dilarang agama, adat dan peraturan perundang -undangan, dengan cara, tidak membuka usaha berjualan makanan dan minuman dalam bentuk restoran rumah makan kaki lima atau bentuk lain di siang hari, tidak menjual minuman keras, Tidak memasang tulisan yang melanggar kesopanan adat istiadat dan norma agama.

Baca Juga:  Wako Upayakan Dana Pusat Untuk Revitalisasi Pasar Bawah

Erman Safar juga berharap terutama kepda anak anak dan generasi muda serta masyarakat umum untuk tidak menjual dan membunyikan petasan kembang api dan sejenisnya, tidak melakukan kegiatan balap liar atau menggunakan kendaraan knalpot suara keras yang mengganggu pelaksanaan ibadah Ramadan berdua-duaan laki-laki dan perempuan atau berpacaran yang melanggar tata krama agama dan adat.

Secara tegas, dalam edaran itu, Wako juga meminta untuk menghentikan kegiatan hiburan di hotel cafe karaoke pada waktu ibadah puasa dan salat tarawih.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top