Kaba Pemko Bukittinggi

Menteri PPN Suharso Monoarfa Kunjungi Geopark Nasional Ngarai Sianok- Maninjau

Bukittinggi, KABA12.com — Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa melakukan kunjungan kerja ke Bukittinggi, Sabtu (10/04).

Kunjungan menteri bersama rombongan itu, dalam rangka peninjauan Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau. Rombongan disambut oleh Wali Kota Erman Safar dan Sekda beserta Kepala SKPD terkait di Taman Panorma dan Lobang Jepang.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, mengucapkan selamat datang dan menjelaskan kondisi kota Bukittinggi serta memperkenalkan Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau yang telah ditetapkan dan diakui menjadi kawasan geopark nasional berdasarkan Keputusan Komite Nasional Geopark Indonesia bersama dengan 8 kawasan geopark lainnya secara nasional, diinisiasi oleh Kemenkomaritim serta upaya kedepannya untuk menuju Unesco Global Geopark. Disamping itu wako juga menjelaskan upaya untuk lebih menguatkan konsep daripada objek wisata Ngarai Sianok sendiri.

Baca Juga:  Kecelakaan Beruntun, 11 Orang Meninggal Dunia

“Ngarai Sianok ini akan menjadi objek pariwisata yang akan kita optimalisasi di malam hari. Nantinya akan ada beberapa penambahan penguatan konsep semacam video mapping, dinding – dinding ngarai ini setiap malam weekend akan ditembak dengan video mapping dengan membuat video tentang sejarah pembentukan ngarai dan kota Bukittinggi,” ujar Walikota Erman Safar.

Baca Juga:  Tersandung Narkoba, Tora Sudiro dan Mieke Amalia Ditangkap

Sementara itu, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, sangat mengagumi keindahan Ngarai Sianok dan perkembangan Kota Bukittinggi saat ini. Ia sangat mendukung untuk menaikkan status kawasan ini menjadi kawasan dunia dengan mengusulkan kembali menjadi kawasan Unesco Global Geopark.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Monoarfa juga menyampaikan agar adanya penambahan tempat sampah di tengah kota dan pengurangan penggunaan kantong plastik dalam kehidupan sehari – hari.

Baca Juga:  Objek Wisata Pasie Tiku Masih Dibanjiri Pengunjung

“Saya mengusulkan agar disini kita tidak lagi menggunakan kantong plastik. Hal ini juga akan membantu promosi dari pada geopark sendiri, karena yang kita jual disini adalah lingkungan yang luar biasa ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Suharso Monoarfa juga melakukan peninjauan objek wisata sejarah Lobang Jepang.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top