Kaba DPRD Agam

Bupati Agam Jabarkan 5 Visi-Misi di DPRD Agam, Muatan Penting Dalam Rancangan RPJMD 2021-2026

Lubukbasung, kaba12.com — Bupati Agam diwakili wakil bupati Irwan Fikri, sampaikan jabaran visi misi Kabupaten Agam yang tertuang dalam nota penjelasan bupati Agam tentang rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 dalam sidang paripurna DPRD Agam, Jumat (9/4).

Dalam sidang paripurna yang dipimpin ketua DPRD Agam Novi Irwan, dijelaskan 5 misi yakni menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel dan melayani. Membangun perekonomian masyarakat yang kokoh melalui optimalisasi sumber daya daerah dan pengembangan pariwisata.

Kemudian, pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, keterpaduan tata ruang wilayah dan mitigasi bencana. Membangun masyarakat yang mandiri, berdaya saing dan berkarakter serta meningkatkan kehidupan masyarakat yang madani, berlandaskan adat basandi syara, syara bersandi kitabullah.

Baca Juga:  Buka Bersama Terakhir DPRD Agam Ramai

Dijelaskan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berorientasi pada hasil dan manfaat, jauh dari tindakan yang merugikan daerah, dapat dipertanggungjawabkan dan masyarakat merasa terlayani dengan baik, untuk itu diperlukan dukungan aparatur yang profesional, regulasi yang tidak tumpang tindih, pemanfaatan teknologi yang terintegrasi serta data yang berkualitas.

Misi kedua, ulasnya untuk mewujudkan masyarakat sejahtera secara lebih merata, yaitu dengan meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat, khususnya petani dan pelaku usaha mikro. Upaya yang dilakukan, menjaga stabilitas kinerja ekonomi, meningkatkan daya tarik investasi, meningkatkan produktivitas masyarakat, penyediaan pangan yang aman, sehat, utuh dan halal, serta memanfaatkan sumber daya alam yang bijak.

Baca Juga:  Empat Tahun Jebol, Legislator Agam Dorong Perbaikan Irigasi Batang Bawan

Ditegaskan, hal itu perlu didukung dengan infrastruktur yang berkualitas dan konektivitas yang tepat dan terarah yang bermuara pada pengurangan pengangguran dan kemiskinan.

Misi ketiga bertujuan untuk mewujudkan pembangunan dengan memperhatikan kualitas lingkungan hidup, tata ruang dan mitigasi bencana. Adapun tiga sasarannya yaitu berkurangnya pengrusakan dan pencemaran lingkungan hidup dan sumber daya alam, ketaatan terhadap tata ruang dan berkurangnya risiko bencana terhadap manusia dan lingkungan.

Misi keempat bertujuan mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, dengan sasaran meningkatknya pendidikan yang berkualitas dan berkarakter serta peningkatan pelayanan kesehatan.

Baca Juga:  Novi Irwan Apresiasi Milad V Sekolah Islam Al Azhar

Sasarannya, ulas Irwan Fikri, terwujudnya sumber daya manusia yang mandiri dan berdaya saing, dengan sasaran meningkatnya produktivitas dan daya saing masyarakat, meningkatnya kewirausahaan dan prestasi pemuda, serta meningkatnya ketahanan pangan daerah dam terwujudnya perlindungan dan kesejahteraan sosial, dengan sasaran meningkatnya pemberdayaan masyarakat dan terkendalinya laju pertumbuhan penduduk yang simbang.

Sementara tujuan misi kelima adalah meningkatkan kehidupan masyarakat yang aman dan tertib berlandaskan nilai-nilai agama, adat dan budaya dengan sasaran berkurangnya gangguan ketentraman dan ketertiban umum serta meningkatnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama dan adat budaya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top