Kaba Agam

Sambut Ramadhan, Forkopimca Tanjung Raya Gelar Thaharah Masjid di Kampuang Jambu

Bayua, kaba12.com — Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Tanjung Raya, Kabupaten Agam melaksanakan kegiatan thaharah masjid di Jorong Kampuang Jambu, Nagari Bayua, Rabu (07/4). Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H yang tinggal beberapa hari lagi.

Kegiatan thaharah Masjid ini diawali di Masjid Nurul Iman Jorong Kampuang Jambu, Nagari Bayua. Dalam kesempatan itu, sejumlah unsur Kecamatan Tanjung Raya seperti Camat, Polsek, Koramil, KUA, Koordinator Penyuluh, Pemerintah Nagari Bayua, dan masyarakat ikut serta melakukan gotong royong bersama guna membersihkan lingkungan masjid tersebut.

Baca Juga:  Kukuhkan Pengurus LKAAM Canduang, Wabup: Peran LKAAM Penting

Camat Tanjung Raya Handria Asmi menyebutkan, kegiatan thaharah masjid hari ini difokuskan di Masjid Nurul Iman Jorong Kampuang Jambu. Dimana hal ini dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“Alhamdulillah, puluhan masyarakat Jorong Kampuang Jambu beserta unsur gabungan dari Kecamatan Tanjung Raya sangat antusias melaksanakan pembersihan areal masjid ini. Kita berharap Nagari lain dapat meniru apa yang dilakukan hari ini, sehingga para jama’ah bisa merasa lebih nyaman dalam beribadah,” kata Handria Asmi kepada kaba12.com, Rabu.

Baca Juga:  Sasaran Silek Panti Putra KABA12.com Berkembang Pesat

Camat mengatakan, antusiasme masyarakat dalam melaksanakan pembersihan lingkungan luar dan dalam masjid hari ini sangat tinggi. Dimana hal itu terlihat dari semangat masyarakat sekitar yang mengikuti seluruh rangkaian pembersihan areal masjid. Bahkan para kaum ibu-pun, ikut serta mengikuti kegiatan ini, terutama dalam menyediakan konsumsi.

Ia menambahkan, kepada seluruh pengurus masjid diharapkan untuk melakukan hal yang sama yaitu melaksanakan bersih-bersih masjid menjelang datangnya bulan Ramadhan. Handria menghimbau kepada pengurus masjid untuk mengecek kondisi lingkungan masjid, baik dari segi akses jalan, kebersihan, penerangan, kondisi toilet dan tempat wudhu.

Baca Juga:  TK Amanah Pertiwi Batu Kambiang Wisuda 36 Murid

Dengan demikian, lanjut Camat, para jama’ah tentu akan lebih merasa nyaman dalam beribadah, serta tetap mengutamakan standar protokol kesehatan.

“Disamping itu, selain masjid sebagai sarana ibadah yang harus bersih, tentu kita sebagai manusia juga harus membersihkan hati dan sucikan diri menjelang datangnya bulan Ramadhan. Nah, maka dari itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk saling memaafkan, baik kepada keluarga, sanak saudara, dan handai taulan agar ibadah puasa kita nanti diberkahi oleh Allah SWT,” jelas Handria.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top