Kaba Terkini

Pos-Pos Strategis Makin Banyak Yang Kosong di Agam, Isu Mutasi Tak Lagi Menghangat

Lubukbasung, kaba12.com — Pos-pos eselon II, III dan IV di jajaran Pemkab.Agam strategis makin banyak yang kosong, menyusul lolosnya para pejabat utama yang selama ini memang tampuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bahkan beberapa jabatan vital saat ini, terpaksa harus dipegang oleh pelaksana tugas, karena serangkaian pejabat, selain dilantiknya 16 pejabat fungsional di Pemkab.Agam oleh Bupati Andriwarman, Selasa,(6/4), juga adanya pejabat yang memasuki masa pensiun dan 3 pejabat eselon II Agam yang meninggal dunia, menyusul musibah kecelakaan yang terjadi di Penyabungan, SUmut, 8 Februari 2021 lalu.

Untuk proses pengisian jabatan, sesuai ketentuan yang digariskan pemerintah pusat, untuk pengisian jabatan bagi kepala daerah yang baru dilantik, baru boleh dilakukan setelah 6 bulan dilantik atau mengajukan klausul khusus pada pemerintah pusat jika pengisian posisi jabatan dianggap mendesak dan krusial.

Data yang dihimpun kaba12.com dan konfirmasi kaba12.com dengan kepala BPKSDM Agam Budi Perwira Negara menyebutkan, sebelum dilantiknya 16 pejabat fungsional baru Selasa hari ini, tercatat 7 posisi eselon II cukup mendesak untuk diisi, terutama untuk posisi kepala dinas kesehatan yang sebelumnya dijabat dr.Indra, sudah memasuki masa pensiun yang kini dijabat sementara oleh Yosefriawan, Asisten II Sekab.Agam.

Selanjut posisi tiga kepala OPD Pemkab.Agam yang meninggal dunia dalam musibah kecelakaan dalam kegiatan lawatan ke propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumut, 8 Februari lalu.

3 posisi yang ditinggalkan para pejabat itu masing-masing kepala Diskominfo Agam, (plt.nya juga pindah ke posisi fungsional-red), kepala Disperindagkop.UMKM Agam (kini dijabat plt), kepala dinas perikanan-ketahanan pangan (DPKP) –kini dijabat plt oleh sekretaris.

Selain 4 posisi itu, sebut Budi Perwira Negara, posisi Kepala Disdukcapil Agam, karena Drs.Misran, Mpd, tengah mengajukan proses pensiun, kemudian Isman Imran, staf ahli bupati Agam, juga 2 kepala OPD lainnya, masing-masing kepala Bappeda Agam Welfizar dan Hamdi, kepala DPUTR Agam, yang dilantik sebagai pejabat fungsional, serta beberapa pejabat eselon III yang dilantik sebagai pejabat fungsional, bahkan disebut-sebut pos kepala DPMN Agam yang kini dipercayakan kepada H.Teddy Martha, juga akan kosong karena yang bersangkutan, mendapat persetujuan pindah ke daerah lain.

Terkait dengan proses penggantian posisi eselon II, III dan IV yang kosong tersebut, dijelaskan Budi Perwira Negara, sesuai instruksi bupati Agam, pihaknya sudah mengajukan permohonan pada pemerintah pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Men-PAN-RB) di Jakarta, untuk izin proses evaluasi, rekruitment dan penempatan pejabat baru.

“Kita masih menunggu persetujuan pusat, kalau disetujui, akan dilakukan proses penyaringan dan tahapan lainnya. Tentu melalui mekanisme yang sudah diatur secara nasional, yakni melalui tim seleksi (pansel), kita masih menunggu keputusan itu,“ sebut kepala BKPSDM Agam itu lagi.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, posisi pejabat Pemkab.Agam yang banyak kosong saat ini, diyakini akan diisi wajah-wajah baru, bahkan kemungkinan cukup banyak pejabat baru dari luar daerah yang akan mengisi setidaknya 9 posisi pejabat eselon II, karena mayoritas pejabat daerah yang ada saat ini, banyak yang belum memenuhi persyaratan, bahkan banyak yang memilih pindah ke jalur fungsional.

Isu mutasi sendiri, yang sebelumnya “hangat luar biasa” pasca dilantiknya Andriwarman-Irwan Fikri sebagai bupati-wakil bupati Agam periode 2021-2024, hari-hari ini, justru meredup dan tidak hangat seperti sebelumnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });