Kaba Agam

Awal April, Agam Dirundung Musibah Beruntun 11 Kecamatan Dihantam Badai

Lubukbasung, kaba12.com — Awal bulan April menjadi bulan mengejutkan bagi masyarakat kabupaten Agam. Pasalnya, serangkaian musibah melanda mayoritas wilayah kecamatan kabupaten Agam, menyusul terjangan angin kencang yang terjadi Kamis,(1/4) dini hari antara pukul 03.00 sampai pukul 04.30 WIB.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, disebutkan 11 kecamatan dari 16 kecamatan di kabupaten Agam terdampak terjangan angin kencang tersebut, terutama banyak pohon yang menyebabkan rusaknya rumah warga, sarana pendidikan, rumah ibadah, menutup akses jalan dan beberapa dampak lain.

Walau tidak ada data resmi dari BPBD Agam, karena konfirmasi kaba12.com dengan kepala BPBD Agam M.Lutfie, AR sejak Kamis hingga Jumat sore ini tidak direspon melalui ponselnya, namun data yang diperoleh kaba12.com, setidaknya 11 wilayah kecamatan terdampak akibat terjangan angin kencang Kamis-Jumat ini.

Data sementara yang diperoleh kaba12.com, beberapa kecamatan yang terdampak terjangan angin kencang Kamis-Jumat ini, diantaranya kecamatan Lubukbasung, kecamatan Tanjung Mutiara, kecamatan Tanjung Raya, kecamatan Matur, kecamatan Palembayan, kecamatan IV Koto, kecamatan Banuhampu, kecamatan Sungai Pua, kecamatan Tilatang Kamang, kecamatan Kamang Magek dan beberapa kecamatan lain, dengan pola dan itensitas yang berbeda.

Hingga kini, tidak diperoleh detail jumlah rumah penduduk, sarana pendidikan, rumah ibadah dan sarana lain yang terdampak termasuk jumlah kerugian yang dialami warga.

Tingkatkan Kewaspadaan

Tingginya volume kebencanaan di kabupaten Agam Kamis dan Jumat ini dibenarkan Asisten I Sekab.Agam Rahman, yang dikonfirmasi Jumat kemarin.

Disebutkan Rahman, sejak Kamis kemarin, serangkaian dampak musibah angin kencang dilaporkan masyarakat dan pemerintah kecamatan dan unsur terkait sudah turun ke lapangan untuk melakukan penanganan secara optimal.

Dijelaskan, pihaknya juga masih menunggu detail data terkait dengan jumlah sarana yang terdampak karena hingga Jumat ini, serangkaian musibah dampak angin kencang masih terjadi di beberapa titik.

Walau demikian, Rahman menghimbau masyarakat dan seluruh unsur terkait di pemerintah nagari dan kecamatan untuk meningkatkan kewaspadaan, dan langsung bergerak di lapangan membantu penanganan dampak bencana tersebut.

“ Kami himbau seluruh masyarakat waspada, karena tekanan angin diprediksi masih cukup tinggi. Hindari beraktivitas di luar ruangan jika cuaca berubah, untuk mengantisipasi dampak yang berpotensi terjadi, “himbaunya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top