Kaba Terkini

Kunjungi Posko KPA Nagari Duo Koto, Anggota DPRD Sumbar Beri Apresiasi

Duo Koto, kaba12.com — Anggota DPRD Sumatera Barat H. Rinaldi Dt Rajo Mangkuto berkesempatan mengunjungi posko Komunitas Peduli Api (KPA) Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jum’at (19/3).

Kunjungan legislator dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini dalam rangka bersilaturahmi dengan jajaran pengurus KPA, sekaligus melihat secara langsung armada becak motor pemadam kebakaran (Damkar) roda tiga yang dimodifikasi khusus untuk penanggulangan kebencanaan.

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Sumbar komisi III ini juga memberikan apresiasi khusus kepada pengurus Komunitas Peduli Api Nagari Duo Koto yang telah berkreasi menciptakan alat/armada pemadam kebakaran berskala mini.

“Komunitas Peduli Api ini merupakan salah satu wujud kreatifitas anak muda Nagari Duo Koto dibawah bimbingan Walinagari Joni Safri yang patut sekali kita beri apresiasi. Karena dengan kendala dalam hal tidak adanya armada Damkar di Kecamatan Tanjung Raya, mereka telah membuat ide menciptakan sebuah armada bentor untuk penanggulangan bencana kebakaran,” kata Rinaldi kepada kaba12.com, Jum’at.

Baca Juga:  Pjs Bupati Benni Warlis Bersilaturahmi ke Kantor Kemenag Agam

Ia menyebut, kendaraan yang telah dimodifikasi ini tidak hanya digunakan sebagai penanggulangan kebakaran saja, tetapi bisa juga dimanfaatkan untuk membantu pengairan sawah, penyemprotan material longsor, dan hal-hal bermanfaat lainnya.

“Ini suatu hal yang membanggakan sekali. Karena didalam kepengurusan KPA, mereka melibatkan anak muda yang menjadi relawan dalam penugasannya,” ungkap anggota DPRD Sumbar yang juga putra Nagari Duo Koto ini.

Baca Juga:  Pemkab Agam Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022

Kendati demikian, pihaknya mengajak seluruh Nagari untuk dapat mencontoh ide kreatifitas KPA Nagari Duo Koto yang telah berinovasi menciptakan alat/armada penanggulangan kebencanaan.

“Mudah-mudahan komunitas ini bisa menjadi motivasi bagi Nagari lain untuk mempelajari kesini dalam hal pengadaan bentor Damkar,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Peduli Api Nagari Duo Koto, Yogi Firnanda mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Sumbar Rinaldi yang telah berkesempatan mengunjungi posko dan memberikan dukungan terhadap komunitas ini. Ia menilai, kunjungan legislator PKS ini merupakan salah satu wujud perhatian dari wakil rakyat di tingkat Provinsi Sumatera Barat.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Rinaldi yang telah mengunjungi posko KPA. Tentunya ini menjadi semangat kami dari jajaran tim relawan untuk terus berbuat dan berinovasi,” katanya.

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Nagari Koto Panjang, IV Koto Bantu Warga Terkonfirmasi Positif

Ketua Karang Taruna Tunas Muda Nagari Duo Koto ini juga menuturkan, bahwa armada bentor Damkar ini telah beberapa kali turun kelapangan untuk membantu mengatasi beberapa bencana di Kecamatan Tanjung Raya, seperti kebakaran hebat di Nagari Maninjau pada September 2020, longsor di Tanjuang Alai, Nagari Koto Malintang yang menimbun ruas jalan provinsi pada Oktober 2020, dan galodo di Koto Tinggi, Nagari Duo Koto pada November 2020.

“Untuk lokasi posko Komunitas Peduli Api Nagari Duo Koto ini berada di pinggir ruas jalan provinsi penghubung kota Lubukbasung dengan Bukittinggi, persisnya di depan Puskesmas Pasar Ahad,” ujar Yogi Firnanda.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top