Kaba Terkini

Permudah Layanan, Disdukcapil Agam Jemput Bola ke Nagari Bayur

Bayur, kaba12.com — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam, terus mensukseskan inovasi sistem jemput bola atau Jebol ke Nagari dan Kecamatan yang ada di daerah itu.

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah layanan masyarakat dalam mengurus Administrasi Kependudukan (Adminduk).

Seperti Sabtu (20/2), tim Disdukcapil Agam melakukan layanan jemput bola ke Nagari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Melalui program Sistem Perekaman Keliling (Siskamling) itu, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan dokumen-dokumen penting yang berkaitan dengan Kependudukan.

Untuk menghindari cluster baru penularan Covid-19, petugas dan masyarakat diwajibkan  mematuhi aturan protokol kesehatan, terutama memakai masker saat melakukan pelayanan kepengurusan Adminduk di kantor Walinagari.

Kepala Disdukcapil Agam melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Novia Sandrianti mengatakan, upaya pelayanan keliling dengan sistem jemput bola ke Nagari bertujuan untuk mendekatkan akses masyarakat dalam mengurus adminduk.

Selain itu dengan jemput bola ini, masyarakat akan lebih hemat waktu dan biaya lantaran tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil di Lubukbasung dalam mengurus adminduk.

“Jadi, masyarakat itu tidak perlu datang jauh-jauh ke Lubukbasung untuk mengurus dokumen kependudukan. Artinya, kami yang datang ke kantor Nagari untuk melayani masyarakat. Kemudian mereka hanya cukup membawa persyaratan yang diperlukan saja,” ujar Novia Sandrianti kepada kaba12.com, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, pihak Disdukcapil melakukan seluruh pelayanan dokumen ke masyarakat, seperti penerbitan Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, perekaman dan pencetakan e-KTP, perubahan elemen data, serta layanan lainnya.

“Untuk di Nagari Bayur, ada sekitar 300an dokumen kependudukan yang dilayani Disdukcapil Agam dalam sistem jemput bola ini,” katanya.

Disamping itu, kata Novia, saat ini Disdukcapil Agam sedang membuat pelayanan baru melalui website. Dimana nantinya beberapa pelayanan Adminduk tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan hanya menggunakan handphone android dengan cara mengakses web tersebut.

Menurutnya, dalam proses pelayanan melalui website nanti, masyarakat diminta untuk login menggunakan e-mail dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah itu, pengguna web akan memilih beberapa pelayanan sesuai kepungurusan Adminduk. Misalnya pembuatan akta kelahiran baru, nah selanjutnya pengguna meng-upload jenis pelayanan itu di website yang disediakan nanti.

“Jadi, bagi masyarakat yang menggunakan website itu, nantinya mereka bisa mencetak dokumen KK dan akta kelahiran sendiri. Kecuali perekaman KTP elektronik, itu tidak bisa dilakukan melalui web, dan pelayanannya tetap dilaksanakan di kantor Disdukcapil,” terangnya.

Dengan adanya sistem jemput bola itu, pihaknya berharap seluruh dokumen kependudukan masyarakat dapat terpenuhi secara optimal. Sehingga nantinya mereka tidak kesulitan dalam mengurus urusan yang memakai NIK. Seperti pengurusan bantuan, BPJS, dan lainnya.

“Kendati begitu, kami tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan agar secepatnya mengurus ke kantor Disdukcapil di Lubukbasung. Kemudian jika kami melakukan pelayanan keliling, diminta untuk menyiapkan segala berkas persyaratannya dan dibawa ke kantor Walinagari,” jelasnya.

Sementara itu, untuk kepungurusan perekaman e-KTP, masyarakat diminta untuk membawa KK saja. Sedangkan syarat untuk penerbitan akta kelahiran adalah membawa KK, surat keterangan lahir, fotocopy surat nikah, dan fotocopy KTP pelapor beserta saksi.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });