Kaba Terkini

Pelantikan via Video Conference, Bupati-Wakil Bupati Agam Dilantik Akhir Februari

Lubukbasung, kaba12.com — Kemungkinan pelantikan bupati-wakil bupati Agam periode 2021-2026 akan dilaksanakan akhir Februari 2021 mendatang, menyusul turunnya surat Menteri Dalam Negeri nomor 131/966/OTDA tanggal 15 Februari 2021 yang ditujukan pada seluruh gubernur di Indonesia.

Surat tentang pelantikan bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota melalui media video conference itu, berisi beberapa poin penting terkait dengan sistim pelantikan kepala daerah hasil pilkada serentak 2020 melalui media elektronik sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.

Dari lampiran surat Mendagri nomor 131/966/OTDA yang ditandatangani Dirjen OTDA Kemendagri Drs.Akmal Malik,MSi, ditetapkan jadual pelantikan bupati-wakil bupati dan walikota-wakil walikota yang tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi dan yang sudah ditetapkan MK tanggal 15-16 Februari 2021 tidak dilanjutkan perkaranya, akan dilakukan pada minggu IV bulan Februari oleh gubernur masing-masing, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Penetapan itu, berlaku untuk 32 propinsi termasuk Sumatera Barat dan 117 kabupaten-kota di Indonesia termasuk kabupaten Agam, yang juga merinci berbagai ketentuan yang harus dilaksanakan dalam proses pelantikan secara virtual tersebut, bahkan sudah dikirimkan susunan acara pelantikan.

Data yang diperoleh kaba12.com, menjelaskan, untuk pelantikan termasuk bupati-wakil bupati Agam akan dilantik secara virtual (jarak jauh) di ibukota kabupaten Agam (daerah masing-masing),menggunakan PDUB lengkap didampingi rohaniwan.

Dijelaskan, berita acara pengucapan sumpah-janji jabatan dan fakta integritas yang telah ditanda-tangani bupati-wakil bupati terpilih, setelah pelantikan dikirimkan ke pemerintah propinsi untuk ditandatangani pejabat yang melantik.

Jumlah kehadiran para pihak dalam prosesi pelantikan dibatasi maksimal 25 orang, masing-masing pasangan bupati-wakil bupati, keluarga inti (istri dan anak), pelaksana acara pelantikan, dan Forkopimda, dengan penerapan physical distancing dan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk pematangan persiapan sistim dan perangkat virtual, sudah harus final H-7 sebelum acara pelantikan, dan gladi resik pada H-3 dan H-1. Khusus di kabupaten Agam, informasi yang diperoleh kaba12.com, kemungkinan pelantikan akan digelar setelah yanggal 26 Februari, karena kemungkinan pelantikan gubernur Sumbar akan digelar, Jumat,(26/2) mendatang.
Proses persiapan awal sendiri, seperti disebutkan plh.Bupati Agam M.Dt.Maruhun dan Asisten I Sekab.Agam Rahman, sudah dilakukan pihaknya, terutama pembahasan mekanisme pelantikan merujuk pada keputusan Kemendagri tersebut.

Disebutkan Rahman, direncanakan rapat persiapan pelantikan akan digelar Senin,(22/2) lusa, yang menghadirkan para unsur terkait, yang akan membahas berbagai hal terkait dengan mekanisme pelantikan serta protokol kesehatan yang akan diterapkan.

“ Kita sudah lakukan pembahasan awal, dan akan berlanjut dengan beberapa kali rapat termasuk gladi resik acara. Kemungkinan Senin, sudah bisa dipastikan, tanggal, lokasi dan jadual pelantikan tersebut hal-hal lain berkaitan dengan prosesi pelantikan, “sebut Rahman.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });