Kaba Terkini

Musrenbang Kecamatan Guguak Panjang Usulkan 23 Kegiatan Prioritas

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah Kecamatan Guguak Panjang, Bukittinggi, gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), di Istana Bung Hatta, Selasa (16/02). Musrenbang dibuka langsung oleh Sekda dan dihadiri Ketua dan Anggota DPRD dapil Guguak Panjang, Asisten Setdako, Kepala Dinas, perwakilan OPD, kelurahan, serta stakeholder Kecamatan Guguak Panjang.

Camat Guguak Panjang, Syanji Faredi, menjelaskan, setelah dilaksanakan musrenbang tingkat kelurahan, pemerintah kecamatan Guguak Panjang, melaksanakan musrenbang tingkat kecamatan. Dimana, usulan yang masuk dalam musrenbang kecamatan, merupakan kegiatan di luar program yang dihasilkan dalam musrenbang kelurahan.

“Secara garis besar, dalam musrenbang kecamatan Guguak Panjang diusulkan sebanyak 23 kegiatan, baik itu bidang infrastruktur, ekonomi, sosial budaya dan pemerintahan serta kegiatan lintas kecamatan dan kewenangan pemerintah provinsi. Secara umum diperkirakan, kegiatan yang diusulkan dalam musrenbang kecamatan ini menelan dana Rp 15 milyar lebih, yang diutamakan pada penanganan banjir di wilayah kecamatan Guguak Panjang,” jelasnya.

Syanji memaparkan, untuk usulan bidang infrastruktur dan sarana prasarana, terdiri dari 4 kegiatan, bidang ekonomi terdapat 4 kegiatan, bidang sosial budaya terdapat 5 kegiatan dan bidang pemerintahan terdapat 5 kegiatan. Sedangkan kegiatan lintas kecamatan terdapat 3 usulan dan kewenangan pemerintah provinsi terdapat 2 usulan.

“Musrenbang kecamatan Guguak Panjang, mengangkat tema pemantapan pelayanan dasar, infrastruktur dan perekonomian kota serta tata kelola pemerintahan yang baik,” paparnya.

Sekda Bukittinggi, Yuen Karnova, menyampaikan, tahun 2021 merupakan tahun awal RPMJD 2021-2026. Tentu saja, penyusunan dari musrenbang ini, diharapkan dapat melahirkan program kegiatan yang menjadi landasan kokoh penyusunan RPJMD.

“Untuk itu RPJMD harus segera disusun sesuain dengan visi misi Kepala Daerah terpilih. Musrenbang ini menjadi kegiatan yang sangat strategis dalam mengusulkan kegiatan lima tahun kedepan. Persoalan Guguak Panjang tentu lebih komplit dibanding kecamatan lain, karena disini masalahnya lebih intens. Semuanya ada di kecamatan Guguak Panjang. Untuk itu, kami berharap usulan dalam musrebang ini, merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kepentingan umum,” ungkapnya.

Tahun 2021 merupakan tahun yang berat karena masih berada dalam pandemi covid-19. Pemko Bukittinggi terus mengimbau masyarakat, agar tetap menjalankan protokol kesehatan, agar persoalan covid-19 di Bukittinggi tidak terlalu memberatkan warga Bukittinggi.

“Dampak pandemi covid-19, dana pusat untuk Bukittinggi melalui Dana Alokasi Umum (DAU) awalnya Rp 453 milyar, dikurangi 8 persen menjadi sekitar Rp 418 milyar. Sehingga kegiatan yang telah direncanakan terancam ditunda pelaksanaannya. Karena dana yang dikurangi itu, akan dimanfaatkan untuk penanganan covid-19. Tidak hanya itu, Dana Alokasi Khusus (DAK) juga terancam dikurangi. PAD Bukittinggi juga terancam tidak terealisasi, karena objek wisata kita sering ditutup. Pajak juga tidak bisa ditarik 100 persen. Ini harus disampaikan kepada masyarakat agar dipahami semua dan kita juga semakin sadar untuk meningkatkan protokol kesehatan,” jelas Yuen.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });