Kaba Terkini

Impian Dr.Indra Catri, Kabupaten Agam Jadi Daerah Satelit

Lubukbasung, kaba12.com — Jelang mengakhir masa pengabdiannya selama dua periode (2010-2015 dan 2016-2021) sebagai bupati Agam Dr.Ir.H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah dalam diskusi ringan dengan kaba12.com, ada beberapa harapan yang dirancangnya dalam program jangka panjang untuk mendorong kabupaten Agam menjadi daerah satelit yang mudah diakses dari berbagai wilayah.

Indra Catri menyebut, dalam masa tugas yang diamanahkan masyarakat kabupaten Agam kepada, dalam dua periode berbagai kegiatan yang dirancang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) justru melebih target yang sudah ditetapkan.

Beberapa hal mendasar yang menjadi agenda penting dalam RPJMD terutama dukungan sarana dan pelayanan pemerintah dalam bidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, pelayanan umum, pertanian, infrastruktur jalan-jembatan, sarana irigasi dan beberapa bidang lainnya, sudah terpenuhi secara umum.

Hal itu dibuktikan dengan konsentrasi yang dilakukan pemerintah dengan membangun sarana perkantoran di seluruh kecamatan, baik kantor camat, puskesmas, gedung sekolah, kantor pemerintah nagari bersama fasilitas pendukung lainnya.

Demikian juga sarana ibadah, dorongan optimal kepada pemerintahan nagari untuk memacu peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, pengembangan potensi nagari serta aspek lain dalam upaya mewujudkan visi-misi Agam mandiri berprestasi yang madani.

“ Walau belum sepenuhnya sempurna, namun pondasi jangka panjang sudah disiapkan dan diharapkan bisa dilanjutkan oleh penerus kami kelak, “sebut Indra Catri.

Menjawab kaba12.com terkait impiannya menjadikan kabupaten Agam sebagai daerah satelit yang mudah diakses dan tidak terealisasi karena dampak pandemic covid-19 sejak 2019 lalu, Indra Catri menyebut wilayah kabupaten Agam dengan ragam potensi yang dimiliki, membutuhkan akses jalan yang memadai, dan bisa dijangkau dari seluruh daerah.

Indra Catri menyebutkan, pihaknya mendorong terealisasinya program pengembangan ruas jalan Simpang Gudang-Padanglua yang sebagian sudah bisa dibuka di beberapa titik, demikian juga asks jalan propinsi Palembayan Matur, akses jalan Panta-Batas Kota Bukittinggi, akses jalan Malalak-IV Koto-Bukittinggi, akses jalan Lubukbasung-Batu Kambing-Gumarang, Palembayan, dan beberapa ruas jalan lain yang diharapkan bisa didukung pemerintah propinsi dan nasional.

“ Jika beberapa ruas jalan tersebut terealisasi, kabupaten Agam akan bisa diakses dari semua sudut, yang dengan sendirinya akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena secara otomatis beragam potensi yang ada akan berkembang dengan baik, termasuk dalam bidang kepariwisataan,“ sebutnya.

Ikon Wisata Khusus

Diakui Indra Catri, akses jalan yang memadai menjadi sarana penting, tidak hanya mendorong makin berkembangnya potensi ekonomi yang dimiliki masyarakat. Hal itu, menjadi perhatian khususnya pihaknya dengan memprioritaskan pembangunan jalan ekonomi, jalan ruas kabupaten Agam serta secara optimal melakukan pendekatan pada pemerintah propinsi dan pusat untuk membenahi ruas jalan propinsi, termasuk menaikan kelas jalan kabupaten menjadi jalan propinsi bahkan menjadi jalan nasional.

Hal itu, ulasnya, bukan tanpa alasan, karena dengan peningkatan kelas jalan, akan semakin memudahkan pemerintah daerah dalam membuka akses dengan kabupaten tetangga, apalagi kabupaten Agam dikenal memiliki ragam potensi wisata.

Itu sebabnya dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya mendorong secara optimal pembangunan kawasans wisata Sajuta Janjang di kecamatan Banuhampu, yang diyakini jadi ikon wisata nasional, pembangunan kawasan wisata Linggai Park, dan berbagai kawasan wisata lain, yang nantinya akan merangkai ragam pesona wisata yang dimiliki kabupaten Agam.

Dengan adanya akses jalan yang memadai dari berbagai titik, akan semakin mendorong berkembangan beragam potensi luar biasa yang dipendam kabupaten Agam, “ kami yakin akan hal itu, namun butuh waktu, butuh perencanaan yang matang, serta butuh dukungan dana yang luar biasa termasuk peran aktif semua unsur masyarakat, “ jelas Indra Catri.

Ditambahkan, dengan terealisasinya pembangunan akses jalan yang memadai itu yang secara mayoritas sudah dirilis beberapa tahun terakhir, akan berdampak positif bagi beragam kegiatan masyarakat, yang berimbas pada semakin kompleksnya sarana pembangunan di pusat pemerintahan kabupaten Agam di Lubukbasung.

Khusus untuk pembangunan kawasan kota Lubukbasung, sebagai ibukota kabupaten Agam, pihaknya sudah merancang berbagai kegiatan yang sebagian besar sudah terlaksana dengan baik, namun dalam dua terakhir terakhir beberapa rencana besar terkendala dampak covid-19.

Indra Catri menyakinkan, upayanya menata kota Lubukbasung dengan membenahi berbagai sarana perkantoran yang dibangun sebelumnya, dengan disain bangunan yang lebih besar dan luas, diyakini dalam kurun waktu 20-25 tahun mendatang masih akan bisa bersaing dengan kemajuan daerah lain di Sumbar.

Hanya saja, beberapa rencana besar, seperti halnya rencana pembenahan pasar serikat Padang Baru, rencana lanjutan pembangunan sarana olahraga, arena bermain anak, sarana seni-budaya termasuk studio art untuk kalangan seniman, belum sepenuhnya bisa terwujud, sejak tahun 2019 dan 2020, pemerintah terkendala dalam bidang pendanaan, karena seluruh kegiatan harus direkofussing untuk penanganan dampak pandemic covid-19.

Termasuk rencana pihaknya dalam menata drainase perkotaan serta pembangunan beberapa gedung perkantoran pendukung pelayanan masih terpaksa tertunda, “ kami berharap hal itu akan menjadi perhatian khusus pimpinan pemerintahan kabupaten Agam selanjutnya, “sebut Indracatri.

Indra Catri optimis, dengan program pembangunan yang berkesinambungan, kabupaten Agam akan menjadi daerah pusat perhatian bahkan menjadi daerah satelit.

Secara khusus, Indra Catri mengakui masih sangat banyak hal yang harus dilakukan untuk kabupaten Agam, namun dia yakin, bupati Agam selanjutnya memiliki pemikiran dan komitmen yang sama dengan dirinya, karena sasaran akhir pengabdian adalah terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

“ Walau belum sepenuhnya bisa terlaksana dengan baik, kami bersyukur, berbagai kegiatan yang dilakukan selama ini,sudah bisa dimanfaatkan masyarakat. Walau tidak bisa menyenangkan hati semua pihak, namun apa yang sudah kami lakukan, sepenuhnya untuk kepentingan daerah dan masyarakat semata, “ demikian ungkap Indra Catri.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });