Kaba Terkini

Pemnag Duo Koto Gelar Musna Penerima BLT DD Tahun 2021

Duo Koto, kaba12.com — Pemerintah Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, melaksanakan musyawarah nagari (Musna) tentang penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2021.

Rapat yang digelar bersama Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Duo Koto ini dilaksanakan di aula kantor Walinagari Duo Koto, Rabu (03/2).

Dalam kesempatan itu turut dihadiri Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Walinagari Duo Koto Joni Safri, Ketua Bamus Jandrial KH Basa, KAN, Pendamping Desa Kecamatan, Walijorong, tokoh masyarakat, pemerintah kecamatan, dan tamu undangan lainnya.

Ketua Bamus Nagari Duo Koto, Jandrial KH Basa menyebutkan, dalam proses penentuan calon penerima BLT DD, pihaknya sudah melakukan beberapa kali rapat dengan Pemerintah Nagari. Dimana jumlah awal penerima BLT DD Nagari Duo Koto pada tahun 2020 lalu sebanyak 105 kepala keluarga (KK). Namun setelah dilakukan pengurangan maka jumlah penerima BLT DD menjadi 97 KK.

“Pengurangan pada waktu itu dilakukan karena ada beberapa alasan, yaitu penerima pindah domisili, pensiun, dan meninggal dunia,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pengurangan data penerima BLT DD tentu melibatkan sejumlah unsur seperti Pemerintah Nagari, Wali Jorong, tokoh masyarakat, dan lainnya. Hal ini harus dilakukan agar penyaluran bantuan kepada warga yang layak menerima serta tepat pada sasarannya.

“Selain itu, bagi masyarakat yang tidak layak lagi mendapat BLT DD diharapkan dapat dikeluarkan dari data penerima, sehingga Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari tahun 2021 yang sedang digantung bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain,” katanya.

Walinagari Duo Koto Joni Safri menyebutkan, sejak merebaknya pandemi Covid-19 pada bulan Maret 2020 di Indonesia, pemerintah telah memberikan sejumlah bantuan tunai kepada masyarakat yang ekonominya terdampak. Diantaranya BST Kemensos, BLT Propinsi, BLT Kabupaten, dan BLT DD.

“Khusus dana desa (DD), awalnya kita sudah menganggarkan dana untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Namun setelah adanya intruksi untuk menganggarkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19, maka seluruh kegiatan yang sudah direncanakan pada tahun 2020 ditunda akibat recofusing anggaran,” kata Joni Safri.

Menurutnya, pandemi Covid-19 ini tidak ada yang tau kapan berakhirnya, akan tetapi Pemerintah Nagari tetap di intruksikan menganggarkan dana bantuan langsung tunai kepada masyarakat, dimana sasarannya adalah mereka yang benar-benar terdampak dan sesuai dengan kriteria yang ada.

Sementara itu, Camat Tanjung Raya Handria Asmi menambahkan, dalam penetapan calon penerima BLT DD tahun 2021 diharapkan dapat menyesuaikan dengan beberapa sistem indikator kemiskinan dari Kemensos RI. Sehingga penerima bantuan kali ini betul-betul tepat sasaran dan bisa mengantisipasi terjadinya kecemburuan sosial.

Disamping itu, Handria juga mengingatkan bahwa dalam menyalurkan BLT maka pertanggungjawabannya hanyalah kepada masyarakat dan terutama kepada Allah SWT. Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada Pemerintah Nagari dan Bamus agar berhati-hati dalam menentukan calon penerima BLT nantinya.

“Jadi dalam menentukan calon penerima BLT DD ini diharapkan dapat menyesuaikan dengan kriteria yang ada di aplikasi indikator kemiskinan. Karena 9 Nagari yang ada di Tanjung Raya akan menerapkan cara tersebut untuk menentukan calon penerima BLT lantaran dinilai cukup efektif,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });