Kaba Terkini

Pemkab.Agam Renovasi 21 Pasar Tradisional

Lubukbasung, kaba12.com — Pemerintah Kabupaten Agam telah merenovasi 21 dari 38 unit pasar tradisional yang tersebar di seluruh nagari di kabupaten Agam sejak tahun 2015. Saat ini, ada beberapa pasar tradisional yang diproyeksikan untuk dibenahi, namun masih terkendala anggaran daerah, dampak pandemic covid-19.

Pembenahan 21 pasar tradisional yang memanfaatkan berbagai jenis sumber anggaran itu, saat ini sudah memberi dampak positif bagi aktivitas ekonomi masyarakat, termasuk kenyamanan kegiatan perdagangan karena beragam sarana sudah terlengkapi dengan baik.

Seperti dijelaskan Reza Oktaviendi,SE Kabid Pasar Disperindagkop-UMKM Agam, program pembenahan dan renovasi pasar tradisional itu, menjadi saah satu program prioritas yang diinstruksikan bupati Agam untuk mendorong kelancaran kegiatan perdagangan dan ekonomi masyarakat.

Disebutkan, program renovasi pasar yang dilakukan secara bertahap sejak tahun 2015 lalu, dimana untuk tahun 2015 pasar tradisional direnovasi 3 unit, tahun 2016 sebanyak 3 unit, tahun 2017 sebanyak 5 unit, tahun 2018 sebanyak 5 unit dan tahun 2019 sebanyak 5 unit.

“ Rencananya program renovasi itu akan berlanjut tahun 2020 lalu yang direncanakan untuk 3 unit, namun dampak pandemic covid-19, alokasi anggaran yang sudah dicadangkan direcofusing, sehingga ditunda, termasuk pasar serikat Padang Baru Lubukbasung, “ jelas Reza.

Namun, mengingat penting dan menjadi prioritasnya kegiatan ekonomi, termasuk di pasar tradisional, direncanakan tahun 2021, pihaknya berupaya meloloskan anggaran sebesar RP.570 juta dari dana alokasi umum (DAU) untuk renovasi pasar Batu Kambiang, kecamatan Ampek Nagari yang akan dimanfaatkan untuk perbaikan los dan beberapa prasarana lainnya.

Disebutkan, alokasi anggaran yang sudah dihabiskan untuk program renovasi pasar tradisional itu mencapai Rp16.669.993.360, yang bersumber dari APBD, DAK dan dana Tugas Pembantuan dari APBN.

Ditegaskan Reza Oktaviendi, keberadaan pasar tradisional yang nyaman, bersih dan tertata dengan baik, menjadi salah satu pendorong optimalnya kegiatan perdagangan, pasalnya para pedagang dan pembeli bisa berinteraksi dengan baik didukung sarana yang memadai, sehingga menjadi daya tarik untuk mendorong sebagai aktifnya kegiatan ekonomi di pasar.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });