Kaba Terkini

KUA Tanjung Raya Nikahkan 362 Pasangan Catin Sepanjang Tahun 2020

Maninjau, kaba12.com — Balai Nikah Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mencatat sebanyak 362 pasangan calon pengantin (Catin) sudah dinikahkan sejak bulan Januari hingga Desember tahun 2020.

Kepala KUA Kecamatan Tanjung Raya, Sofyan Tsauri mengatakan, puncak akad nikah yang diselenggarakan selama tahun 2020 terjadi pada bulan Agustus dan Desember. Dimana pada bulan Agustus tercatat sebanyak 102 pasangan calon pengantin, sedangkan Desember 58 pasangan calon pengantin.

“Hal ini dikarenakan banyaknya perantau yang pulang kampung pada saat itu dan memanfaatkan waktu untuk melangsungkan pernikahan di kampung halaman,” ujarnya saat dikonfirmasi kaba12.com, Senin (25/1).

Disamping itu, sepanjang tahun 2020 KUA Kecamatan Tanjung Raya sudah menikahkan 362 pasangan calon pengantin. Dengan rinciannya, Januari 35 pasangan, Februari 13 pasangan, Maret 22 pasangan, April 10 pasangan, Mei 2 pasangan, Juni 40 pasangan, dan Juli 29 pasangan.

“Kemudian, Agustus 102 pasangan, September 17 pasangan, Oktober 17 pasangan, November 17 pasangan, dan Desember 58 pasangan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, dalam aturan akad nikah yang diselenggarakan, tetap dilaksanakan sesuai dengan standar dan peraturan Menteri Agama yang mengatur persyaratan administrasi serta mengacu kepada undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan. Dimana berdasarkan perubahan undang-undang perkawinan, batas umur laki-laki dan perempuan yang boleh menikah minimal harus menginjak usia 19 tahun.

“Akan tetapi, jika pasangan calon pengantin berusia di bawah umur 19 tahun, maka pernikahan yang dilaksanakan harus melalui izin dan persetujuan dari Pengadilan Agama,” sebutnya.

Terkait pelaksanaan akad nikah dimasa pandemi Covid-19, pihaknya sudah mempunyai aturan khusus dari Ditjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam untuk menyelenggarakannya harus mengikuti aturan protokol kesehatan.
Dimana jika akad nikah digelar di Balai Nikah KUA, maka maksimal yang hadir hanya sebanyak 10 orang.

“Masing-masing sepasang calon pengantin, dua pasang orang tua pengantin, dua orang saksi, satu petugas, dan satu fotografer,” ulasnya.

Sementara jika pelaksanaan akad nikah di selenggarakan di masjid atau tempat di luar KUA maka akan diisi 30 persen dari kapasitas ruangan. Misalnya kapasitas sebuah masjid atau tempat itu mampu menampung 300 orang, maka dalam pelaksanaan akad nikah akan diisi maksimal 30 orang dengan persyaratan wajib memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun.

“Sedangkan bagi pasangan calon pengantin, wali nikah, dan saksi diwajibkan menggunakan sarung tangan untuk mengantisipasi resiko penularan Covid-19. Artinya, aturan protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara ketat sesuai aturan dan SE dari Ditjen Bimas Islam tentang protokol kesehatan,” ujarnya lagi.

Ditambahkannya, selama penyelenggaraan akad nikah di masa pandemi, pihaknya tidak menemukan kendala yang terjadi dalam pelaksanaannya. Artinya proses pernikahan yang digelar di balai nikah KUA ataupun diluar KUA berjalan dengan lancar tanpa ada permasalahan.

“Hal ini karena sudah ada perjanjian awal dengan pihak keluarga untuk mengikuti segala prosedur akad nikah, terutama aturan protokol kesehatan,”ujarnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });