Kaba Terkini

Ikut Mendaki ke Puncak, Ade Ria : Marapi Butuh Banyak Perhatian

Agam, KABA12.com — Operasi bersih Gunung Marapi berlanjut hingga hari ketiga, Minggu (24/01). Mulai hari kedua, Ade Ria salah satu inisiator dari kegiatan sosial ini, ikut langsung mendaki hingga puncak gunung dan menemukan banyak sampah yang berserakan.

Ade Ria, yang kini menjabat Ketua Komisi III DPRD Agam ini, memang sejak awal mengaku ingin bersama dengan para relawan pecinta alam, untuk membersihkan Gunung Marapi. Keinginannya itu direalisasikan dengan menyusuri jalan setapak hingga puncak gunung, bahkan memecahkan rekor waktu 12 jam pulang pergi.

“Ini luar biasa. Pertama kali saya mendaki Gunung Marapi. Masya Allah, ini suatu pengalaman berharga. Bahkan, menurut teman para pecinta alam, waktu 12 jam yang dihabiskan untuk naik dan turun lagi, merupakan suatu rekor yang tentu saja akan jadi catatan sejarah bagi kami pribadi,” ungkapnya.

Ade Ria yang juga tokoh masyarakat Sungai Pua ini, mengungkapkan, selama perjalanannya mendaki Marapi, memang ditemukan banyak sampah. Hal ini tentu akan berdampak negatif pada keselamatan lingkungan.

“Keadaan sepanjang jalur dan sampai puncak memang banyak ditemukan tumpukan sampah. Efeknya tidak sekarang, tapi beberapa tahun kedepan, tentu akan berbahaya, bisa menimbulkan bencana. Ini yang harus diantisipasi dari dini. Untuk itu, tim sudah bergerak selama tiga hari ini, Alhamdulillah sebagian besar sampah sudah dibersihkan,” ujar politikus wanita dari partai Demokrat itu.

Dari pengalamannya itu, Ade Ria menyimpulkan, kondisi jalur Gunung Marapi, sangat butuh perhatian seluruh pihak. Selain butuh pembersihan yang maksimal, juga butuh management pengelolaan wisata yang mumpuni.

“Kami menyimpulkan sangat diperlukan perhatian seluruh pihak untuk menangani permasalahan sampah dan tentunya perlu management pengelolaan wisata Marapi, mengingat banyaknya pendaki setiap harinya,” jelasnya saat dihubungi KABA12.com, Minggu (24/01).

Selaku anggota DPRD Agam dan tokoh masyarakat, Ade Ria mengajak seluruh pecinta alam, yang tertarik untuk melakukan pendakian Gunung Marapi, agar tetap menjaga kebersihan.

“Jangan buang sampah sembarangan, karena akan berbahaya bagi warga dan lingkungan sekitar. Kemudian kami sangat berterima kasih atas kepedulian dan kerjasama komunitas pecinta alam Sumbar Riau Jambi, Pemkab Agam, Kodim 0304, BKSDA, pemerintahan nagari dan dari seluruh pihak yang ikut dalam operasi bersih ini, serta perhatian penuh Bupati Agam terpilih. Semoga kegiatan ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan lagi untuk setiap potensi wisata di Kabupaten Agam khususnya dan Sumbar pada umumnya,” ujarnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });