Kaba Terkini

PSR Kebun Plasma Tahap I KUD Tiku V Jorong Garap 1.000 Hektar, Agusmaidi : Sangat Membantu Petani

Muaro Putuih, kaba12.com — Program peremajaan kebun kepala sawit rakyat (PSR) ) tahun 2021 di lahan perkebunan plasma yang dikelola KUD Tiku V Jorong, Nagari Tiku V Jorong, kecamatan Tanjung Mutiara, dicadangkan seluas 1.000 hektar.

Untuk tahap awal, sebelumnya tahun 2020, sudah digarap peremajaan lahan seluas 320 hektar yang memanfaatkan dukungan dana dari BPDPKS senilai Rp.8 miliar lebih, yang berlanjut untuk tahun ini.

Program peremajaan kebun kelapa sawit atau replanting yang digarap di kabupaten Agam, sudah dimulai ditandai dengan penanaman perdana peremajaan kebun kelapa sawit rakyat oleh bupati Agam Dr.Indra Catri, dihadiri kepala dinas perkebunan ketahanan pangan Sumbar, APKASINDO, Kadinas Pertanian Agam dan anggota kebun plasma KUD Tiku V Jorong Kamis kemarin.

Menurut Agusmaidi Sidi Bandaharo, sekretaris KUD Tiku V Jorong, program peremajaan kebun sawit atau PSR yang meremajakan kebun plasma KUD Tiku V Jorong itu, sangat membantu masyarakat, khususnya anggota KUD Tiku V Jorong dalam upaya mendorong peningkatan produksi sawit yang cenderung menurun beberapa tahun terakhir karena factor usia.

Dijelaskan Agusmaidi Sidi Bandaharo, program peremajaan kebun sawir rakyat (PSR) milik anggota KUD Tiku V Jorong ditandai dengan penanaman perdana oleh Bupati Agam Dr.indracatri, dimana untuk tahap I tahun 2020 ini, akan digarap lahan seluas 320 hektar, milik 160 orang anggota dengan alokasi anggaran Rp.30 juta per hektar.

Ditambahkan, program PSR ini bersumber dari dana bantuan BPDPKS senilai Rp.8 miliar lebih berkat bantuan dinas pertanian dan tanaman pangan Sumatera Barat, APKASINDO dan dinas Pertanian kabupaten Agam, “ kami atas nama seluruh anggota KUD Tiku V Jorong mengucapkan terimakasih atas perhatian dan bantuan PSR yang diberikan pemerintah, “sebutnya.

Disebutkan Agusmaidi, untuk tahun 2021 KUD Tiku V Jorong melanjutkan program PSR seluas 360 hektar, dengan alokasi anggaran yang sama, yakni dimana masing-masing anggota kebun plasma KUD Tiku V Jorong mendapatkan anggaran Rp.30 juta per hektar untuk meremajakan kebun sawit mereka.

Diyakinkan, program PSR yang dilakukan saat ini, akan mendorong lebih optimal produktivitas kebun sawit, karena para anggota kebun plasma sudah mempunyai pengalaman dalam menggarap lahan, “ kita berharap kedepan, kebun plasma KUD Tiku V Jorong akan lebih baik dengan produksi sawit yang optimal, “ ulas Agusmaidi lagi.

Secara khusus, sekretaris KUD Tiku V Jorong itu meyakinkan termotivasi dengan statement bupati Agam yang menyarankan dilakukan program tumpang sari mengingat usia produksi kebun sawit yang diremajakan cukup lama, yakni 2,5-3 tahun.

Untuk mengisi durasi tersebut, pihaknya akan mendorong seluruh anggota plasma KUD Tiku V Jorong untuk menanam lahan yang diremajakan dengan menyisip dengan berbagai jenis komoditi cepat panen, seperti pisang, jengkol, kelapa, alpukat dan jenis tanaman lain, “sasarannya, agar untuk kebutuhan harian masyarakat tidak membeli lagi ke pasar, karena sudah ada di kebun milik petani, sesuai target program Agam menyemai, “ujarnya.

Disebutkan, khusus KUD Tiku V Jorong yang memiliki kebun plasma tahap I seluas 1000 hektar, yang seluruhnya direncanakan akan masuk dalam program PSR, dengan bantuan peremajaan Rp.30 juta per hektar.

“ Kami optimis, program PSR di areal kebun plasma KUD Tiku V Jorong akan terlaksana sesuai jadual dan target yang sudah ditetapkan, “ tegas Agusmaidi Sidi Bandaharo lagi.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });