Kaba Terkini

DPRD Umumkan Usulan Pemberhentian Wako dan Wawako Bukittinggi 2016- 2021

Bukittinggi, KABA12.com — DPRD Kota Bukittinggi umumkan usulan pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi masa jabatan 2016-2021.

Pengumuman itu dilaksanakan dalam rapat paripurna di Gedung DPRD, Jumat (15/01).

Ketua DPRD Bukittinggi, Herman Sofyan, menyampaikan, berpedoman pada UU nomor 10 tahun 2016 pasal 78 ayat dua huruf a, dinyatakan bahwa kepala daerah dan wakil kepala daerah diberhentikan karena berakhir masa jabatannya. Untuk itu, pada tanggal 16 Februari 2021 mendatang, M. Ramlan Nurmatias sebagai Wali Kota Bukittinggi dan Irwandi sebagai Wakil Wali Kota Bukittinggi akan mengakhiri masa jabatan tahun 2016-2021.

“Sehingga sesuai aturan juga, salah satu tugas dan kewenangan DPRD mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada Menteri melalui Gubernur. Untuk itu, kami atas nama lembaga DPRD Bukittinggi mengumumkan usul pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi masa jabatan tahun 2016-2021,” jelasnya.

Dengan telah diumumkannya usulan pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota jabatan 2016-2021, maka Ramlan Nurmatias dan Irwandi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi secara efektif tinggal kurang dari 30 hari. Karena itu pula kepada daerah juga tidak berkewajiban menyampaikan LKPJ akhir masa jabatan kepada DPRD.

“Untuk itu, kami atas nama lembaga DPRD Bukittinggi tentunya berterima kasih atas pengabdian Ramlan Nurmatias sebagai Wali Kota dan Irwandi sebagai Wakil Wali Kota selama lima tahun terakhir,” ungkap Herman Sofyan.

Pada kesempatan itu, DPRD menyampaikan beberapa hal strategis, diantaranya, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah selama lima tahun terakhir, telah banyak pembangunan yang diselenggarakan meliputi kegiatan fisik maupun pembangunan sosial.

Pada sisa waktu masa jabatan, DPRD tetap berharap Wako dan Wawako dapat memaksimalkan pelaksanaan program dan kegiatan untuk mewujudkan visi dan misi yang dituangkan dalam RPJMD tahun 2016-2021.

“Selain itu, untuk kesinambungan pembangunan daerah kedepan, Wako dan Wawako diharapkan dapat menyusun blue print pelaksanaan pembangunan daerah selama lima tahun pengabdian, yang nantinya akan dapat menjadi pedoman Wako dan Wawako terpilih,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi, yang hadir dalam kesempatan itu, menyampaikan, ucapan terima kasih atas kerjasama dan dukungan yang dibeeikan selama ini oleh Unsur Forkopimda, DPRD dan masyarakat Bukittinggi serta seluruh jajaran pemerintah kota, sehingga dapat menyelesaikan tugas sesuai UU yang berlaku.

“Kami berharap kedepan, pemerintahan Bukittinggi dapat berkembang lebih baik dan masyarakat Bukittinggi akan lebih sejahtera. Peran strategis DPRD, sangat menentukan arah kebijakan pemerintahan yang akan datang. Kami juga berharap, kerjasama pemerintah daerah dan DPRD kedepan, dapat terus berjalan dengan baik seperti pemerintahan sebelumnya,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });