Kaba Terkini

Dukung Ketahanan Pangan, Polsek Tanjung Raya Tebar 2.000 Bibit Ikan Garing di Nagari Koto Gadang

Koto Gadang, kaba12.com — Guna mendukung ketahanan pangan masyarakat di masa pandemi Covid-19, jajaran Kepolisian sektor (Polsek) melakukan kegiatan penebaran bibit ikan garing di Nagari Koto Gadang Anam Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (14/1). Penebaran 2.000 bibit ikan endemik air tawar itu dilaksanakan di tiga aliran sungai yang ada di Nagari Koto Gadang Anam Koto, yakni Sungai Batang Kurambik, Banda Gadang, dan Sungai Jauih.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Ketua Yayasan Hutan Lestari Indonesia (YHLI) Ardedi Tanjung, Walinagari Koto Gadang Anam Koto Amrizal, Penyuluh Pertanian, tokoh masyarakat setempat, dan lainnya.

Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto didampingi Wakapolsek Iptu Akhiruddin mengatakan, kegiatan peduli lingkungan ini merupakan salah satu program Kepolisian di tingkat pusat bersama jajarannya untuk meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan segala potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

“Alhamdulillah, di Kecamatan Tanjung Raya khususnya di Nagari Koto Gadang ini potensi sektor perikanannya sangat tinggi sekali. Oleh karena itu kami juga mendapat support dari YHLI untuk terus melestarikannya, sehingga  diharapkan masyarakat dapat termotivasi untuk mengikuti dan melanjutkan program kegiatan yang sudah dimulai,” ujar Kapolsek kepada kaba12.com.

Mantan Kasat Shabara Polres Pasaman Barat ini menyebutkan, dengan meningkatnya ketahanan pangan di masa pandemi, hal tersebut juga dapat mengurangi gangguan Kamtibmas, karena banyaknya potensi yang ada bisa dimanfaatkan untuk menjalankan roda perekonomian. Salah satunya adalah menciptakan tenaga kerja di sektor perikanan.

“Kita sangat berterimakasih sekali kepada YHLI yang sudah mensupport kegiatan ini, sehingga bisa terlaksana dengan baik,” sebutnya.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi menambahkan, Nagari Koto Gadang Anam Koto dianugerahi tanah yang subur, dan lahan yang luas. Bahkan adanya revitalisasi sungai yang dilaksanakan Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu diharapkan dapat dimanfaatkam semaksimal mungkin. Salah satunya adalah dengan menebar bibit ikan air tawar.

“Mari bersama-sama kita manfaatkan segala potensi yang ada untuk kelestariannya. Kemudian diharapkan kepada pihak Nagari Koto memeliharanya hingga panen nanti,” katanya.

Sementara itu Ketua YHLI Ardedi Tanjung menyebutkan, pihaknya menargetkan sebanyak 100.000 bibit ikan akan ditebar di tiga aliran sungai itu dalam tahun 2021. Menurutnya, dengan adanya revitalisasi aliran sungai tentu hal ini menjadi potensi bagi masyarakat, terutama untuk pemanfaatan penebaran bibit ikan.

“Tahun ini kita targetkan 100.000 bibit ikan air tawar ditebar di tiga aliran sungai yang ada di Nagari Koto Gadang Anam Koto. Namun untuk tahap awal ini, kita bersama Kepolisian menebar sebanyak 2.000 bibit ikan garing secara simbolis, dan mudah- mudahan akan berlanjut kedepannya,” ujar Ardedi Tanjung.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });