Kaba Terkini

175 KPM Nagari Maninjau Terima BST Kemensos Tahap X

Maninjau, kaba12.com — Sebanyak 175 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial RI tahap sepuluh, Rabu (13/1). Pencairan bantuan tersebut dilaksanakan di ruang kelas SMAN 1 Tanjung Raya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Walinagari Maninjau melalui Wali Jorong Pasar Maninjau, M Sidi Bagindo menjelaskan, masing-masing KPM Kemensos RI mendapatkan bantuan tunai senilai Rp 300.000 untuk tahap X periode bulan Januari 2021. Dalam pembagiannya, tiap KPM diwajibkan memenuhi persyaratan seperti, membawa KTP asli, fotocopy KK, dan membawa surat panggilan menerima bansos.

“Selain itu, penerima BST juga diwajibkan mengindahkan aturan protokol kesehatan guna mengantisipasi penularan Covid-19. Diantaranya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer,” kata M Sidi Bagindo kepada kaba12.com.

Ia menyebutkan, proses penyaluran bantuan juga diamankan oleh personil Kepolisian dan TNI guna menegakkan aturan protokol kesehatan, serta mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Menurut Koordinator TKSK Kabupaten Agam ini,
jumlah penerima BST Kemensos RI di Nagari Maninjau awalnya sebanyak 183 KPM. Namun karena ada perubahan data dari pusat sebanyak 8 KPM, maka jumlah yang menerima saat ini sebanyak 175 KPM.

Disamping itu, ulas M Sidi Bagindo, Kementerian Sosial telah menganggarkan penyaluran BST hingga bulan Juni 2021.

Ia menyebut, sesuai informasi yang didapat dari Dinas Sosial Agam, bahwa akan ada pengurangan dan perubahan data penerima BST untuk periode berikutnya. Dimana perubahan atau pergantian data penerima BST Kemensos itu akan dilakukan pada tahap XI bulan Februari mendatang.

“Bagi KPM yang memiliki kriteria seperti lansia, mempunyai anggota keluarga disabilitas, dan betul-betul kurang mampu maka tidak akan dilakukan perubahan. Namun diluar dari kategori tersebut, akan dilakukan penggantian penerima nantinya,” sebutnya.

Ditambahkan Sidi Bagindo, bagi masyarakat yang mendapat bantuan tersebut diharapkan untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan keluarga. Bahkan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, juga menekankan bahwa masing-masing KPM tidak boleh menggunakan bantuan tersebut untuk membeli rokok dan miras.

“Artinya, gunakanlah bantuan tersebut untuk sebaik-baiknya. Mudah- mudahan bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });