Kaba Terkini

Update Covid-19 di Agam, Jumlah Terkonfirmasi Kembali Melonjak

Lubukbasung, kaba12.com — Data pantauan pandemic covid-19 di kabupaten Agam masih fluktuatif. Setelah sempat nihil, Senin kemarin, data terbaru kasus terkonfirmasi virus corona kembali melonjak.

Data Selasa,(12/1) hari ini, di kabupaten Agam kembali terjadi penambahan kasus baru sebanyak 16 orang masing-masing berasal dari kecamatan Tanjung Raya 1 orang, dari kecamatan Matur 4 orang, dari kecamatan Tilatang Kamang 1 orang, dari kecamatan Banuhampu 1orang dan terbanyak dari kecamatan IV Angkek sebanyak 9 orang.

Penambahan 16 kasus terkonfirmasi baru itu, justru tidak diimbangi dengan penambahan jumlah warga yang dinyatakan sembuh dari covid-19, hanya Selasa hari ini hanya sebanyak 2 orang masing-masing 1 ornag dari kecamatan Sungai Pua dan 1 orang dari kecamatan Tilatang Kamang.

Sesuai update data pantauan covid-19 di kabupaten Agam, saat ini tercatat sebanyak 1.560 orang warga kabupaten Agam yang terkonfirmasi covid-19 sejak pandemic itu merebak di daerah ini, tanggal 1 Mei 2020 lalu, dengan rincian 1.407 dinyatakan sembuh, 23 orang meninggal dunia dan 130 orang menjalani penanganan medis.

Dari total 130 orang yang masih menjalani penanganan medis itu, masing-masing 22 orang menjalani perawatan di beberapa rumah sakit, 2 orang dikarantina dan 106 orang menjalani isonasli mandiri, dengan suspek 89 orang, 1 orang probable dan 64 orang kontak erat, sehingga potensi penambahan jumlah terkonfirmasi masih terbilang tinggi.

Kondisi itu dibenarkan M.Dt.Maruhun, ketua harian gugus tugas percepatan penanganan covid-19 (GTP2 Covid-19) Agam, yang menyebut sepekan terakhir, kembali terjadi lonjakan kasus terkonfirmasi baru, yang diduga dampak dari libur natal dan tahun baru.

Menyikapi perkembangan kondisi tersebut, M.Dt.Maruhun mengimbau seluruh elemen yang ada dalam masyarakat untuk tidak mengendorkan disiplin menjalankan protokol kesehatan, “selalu pakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Peran bersama menentukan upaya memutus rantai penyebaran covid-19, “tegasnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top