Kaba Terkini

PBM Tatap Muka Dimulai, MAN 1 Agam Terapkan Prokes Ketat

Maninjau, kaba12.com — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Agam, memulai pelaksanaan proses belajar mengajar (PBM) secara tatap muka pada awal semester genap tahun ajaran 2020-2021.

Untuk mengantisipasi terjadinya cluster baru terhadap penularan Covid-19, pihak sekolah pun menerapkan aturan protokol kesehatan secara ketat.

Kepala MAN 1 Agam melalui Waka Humas, Hasnan Akhyar mengatakan, kegiatan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 sudah dimulai sejak Senin (4/1) kemarin dengan memenuhi segala aturan dan regulasi yang ada.

Dimana dalam kegiatan PBM, seluruh siswa yang mengikuti pembelajaran dibagi menjadi dua shift, yaitu shift pagi dan shift siang.

“Untuk pembelajaran shift pagi dimulai pada pukul 07.30 hingga 12.15 WIB. Sedangkan shift siang dimulai pukul 12.55 hingga 17.00 WIB. Masing-masing siswa dan guru diwajibkan memenuhi aturan protokol kesehatan dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Hasnan Akhyar saat dikonfirmasi kaba12.com, Selasa (5/1).

Disebutkan, dalam metode pembelajaran tatap muka, pihak sekolah tetap berpedoman kepada aturan yang ditentukan oleh pemerintah, seperti wajib memakai masker, mengatur jarak fisik, menyediakan wastafel cuci tangan, dan tidak berkerumun di suatu tempat.

Selain itu pembatasan jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran juga dilaksanakan. Dimana dalam satu ruang kelas hanya diisi dengan 50 persen siswa dari total per kelasnya.

“Misalnya jika 1 kelas memiliki siswa sebanyak lebih 20 orang, maka akan dibagi menjadi dua lokal. Tapi kalau jumlahnya kurang dari 20 orang per kelas, itu akan kita kondisikan sesuai instruksi pimpinan,” ujarnya.

Ditambahkan Hasnan, dengan adanya metode pembelajaran tatap muka di masa pandemi diharapkan tidak menimbulkan lost generation bagi para siswa. Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan materi mata pelajaran kepada seluruh siswa, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi.

“Selain itu, kita juga berharap tidak ada terjadi penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. Sehingga kegiatan pembelajaran tatap muka tetap terus dilaksanakan sesuai dengan aturannya,” jelasnya.

Diketahui, MAN 1 Agam yang berada di wilayah Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam memiliki 3 jurusan, yaitu IPA, IPS, dan PK (Pendidikan Keagamaan). Kemudian jumlah siswa saat ini sebanyak 295 orang yang didominasi berasal dari luar Kecamatan Tanjung Raya. Seperti dari Kecamatan Ampek Nagari, Tanjung Mutiara, Lubukbasung, dan Matur.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });