Kaba Terkini

Agam Tegaskan Komitmen Tidak Ada Perayaan Tahun Baru Masehi

Lubukbasung, kaba12.com — Pemerintah Kabupaten Agam bersama jajaran Fokopimda Agam tegaskan komitmen untuk tidak mengizinkan, mengadakan dan memberi peluang adanya kegiatan yang akan dilaksanakan masyarakat dalam rangkaian menyambut malam pergantian tahun baru masehi dari tahun 2020 ke tahun 2021.

Selain tidak menggelar acara resmi, seluruh objek wisata yang ada di kabupaten Agam ditutup dan diawasi, terhitung mulai tanggal 31 Desember 2020 sampai tanggal 3 Januari 2021 yang kegiatannya diawasi khusus oleh petugas.

Penegasan itu sesuai dengan edaran yang sudah diumumkan Bupati Agam pekan lalu, yang sudah ditindaklanjuti oleh unsur terkait di lapangan, bahkan jajaran Polres Agam dan Polres Bukittinggi sudah yang berkolaborasi dengan unsur terkait di tingkat kecamatan dan nagari, dengan mengumumkan penutupan objek wisata di wilayah masing-masing.

Penutupan objek wisata dan tidak adanya kegiatan malam menyambut tahun baru masehi itu, sudah berlangsung lebih dari 7 tahun terakhir di kabupaten Agam, sesuai evaluasi yang sudah dilakukan jajaran terkait di kabupaten Agam, karena banyak mudarat yang merugikan masyarakat daripada manfaat, termasuk potensi tindak kriminal dan kerawanan sosial lainnya.

Bahkan, bupati Agam Dr.H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah menegaskan, pemerintah bersama jajaran Forkopimda Agam bersepakat untuk mengantisipasi berbagai hal yang berpotensi terjadi ditengah masyarakat, jika berbagai lokasi wisata, kegiatan keramaian dan hal –hal lain diberi peluang untuk digelar.

Pasalnya, prosesi malam pergantian tahun masehi, justru banyak yang dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak positif bahkan justru merugikan masyarakat, termasuk berpotensi tingginya angka kecelakaan lalulintas.
Disisi lain, dimasa pandemic covid-19 saat ini, malam pergantian tahun justru berpotensi menjadi salah satu moment yang berpotensi memicu keramaian, sehingga rawan menjadi ajang penyebaran virus corona yang sangat berbahaya.
“ Dengan beragam pertimbangan itu, kami keluarkan himbauan, agar masyarakat tidak keluar rumah saat malam pergantian tahun baru masehi ini, lebih baik menggelar kegiatan positif, perbanyak ibadah, “ tegas H.Indra Catri lagi.

Bupati Agam dua periode itu, menyebutkan, dengan konsistensi yang terus dibangun Pemkab. Agam itu, diharapkan bisa dijabarkan masyarakat dengan baik, dengan menggelar kegiatan positif di rumah saja, perbanyak ibadah, dan pererat silaturrahmi dengan keluarga.

Saat ini, jajaran terkait di Pemkab.Agam sudah mempersiapkan berbagai hal terkait dengan kebijakan Bupati Agam yang meginginstruksikan penutupan berbagai objek wisata dalam rangkaian malam tahun baru masehi tersebut.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });