Kaba Terkini

Pemnag Bayua Gelar Musna Khusus BLT DD Fase III

Bayua, kaba12.com — Pemerintah Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam mengadakan Musyawarah Nagari (Musna) khusus tentang penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) fase ketiga, Kamis (26/11).

Kegiatan yang digelar di Kantor Walinagari Bayua ini turut dihadiri Walinagari Hadi Fajrin, Pendamping Desa Kecamatan Tanjung Raya Yendri Yeni, Bamus, KAN, tokoh masyarakat, dan Wali Jorong.

Walinagari Bayua Hadi Fajrin menyebutkan, dasar melaksanakan Musna khusus ini adalah untuk menyepakati, verifikasi, dan validasi penerima BLT DD fase ketiga. Dimana saat ini jumlah warga yang akan mendapatkan BLT DD fase ketiga di Nagari Bayua sebanyak 148 KPM.

“Awalnya penerima BLT DD ini berjumlah 152 KPM. Namun karena ada empat KPM yang keluar dari data penerima, maka jumlah pada fase ketiga ini menjadi 148 KPM,” kata Hadi Fajrin kepada kaba12.com

Hadi menambahkan, empat KPM yang keluar dari data penerima BLT DD ini dikarenakan dua diantaranya terdata sebagai penerima bantuan PKH dan BPNT. Sementara dua KPM lain meninggal dunia.

Ia menyebutkan, penyaluran BLT DD fase ketiga merupakan bantuan untuk periode bulan Oktober, November, dan Desember 2020. Masing-masing KPM nantinya akan mendapat bantuan tunai Rp 300.000 per bulan.

“Penyaluran BLT DD fase ketiga akan kita lakukan dalam waktu dekat ini di kantor Walinagari. Kemudian, kita akan salurkan bantuan tersebut dua bulan sekaligus yakni periode Oktober dan November senilai Rp 600 ribu,” ujarnya.

Disisi lain, dia berharap agar penerima BLT DD ini ada perubahan data, sehingga masyarakat lain yang belum tersentuh bantuan bisa mendapatkan untuk memenuhi kebutuhan di masa pandemi.

Sementara itu Pendamping Desa Kecamatan Tanjung Raya Yendri Yeni mengatakan, dalam Peraturan Kementerian Pedesaan RI, jumlah data penerima BLT DD ini tidak dapat dirubah atau ditambah. Akan tetapi, jumlah penerimanya bisa dikurangi dan harus melalui verifikasi dan validasi oleh Pemerintah Nagari terlebih dahulu.

“Intinya penerima BLT DD ini jangan sampai mendapat bantuan lain. Jika ditemukan, maka mereka bisa dikeluarkan dari data penerima BLT DD,” sebutnya.

Disebutkan, jika anggaran dana desa mencukupi, maka seluruh penerima BLT DD fase ketiga bisa mendapatkan bantuan tersebut. Namun jika anggarannya terbatas, maka penyalurannya akan di prioritaskan kepada warga yang memiliki riwayat penyakit menahun.

“Alhamdulillah, untuk Nagari Bayua anggarannya mencukupi, sehingga jumlah penerima BLT DD fase ketiga masih tetap, dan tidak ada pengurangan,” katanya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });