Kaba Terkini

Studi Tiru ke Agam, Disdik Kota Padang Pelajari Tupoksi Disdikbud Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Jajaran Dinas Pendidikan Kota Padang pelajari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dalam menyelenggaraan pelayanan urusan pendidikan dan kebudayaan ke Disdikbud. Agam Jumat (20/11).

Rombongan yang dipimpin Kepala Disdik Kota Padang, Habibul Fuadi, S.Pd, M.Si disambut Kepala Disdikbud Kabupaten Agam, Drs. H. Isra, M.Pd dan Sekretaris Dinas, Syahrial ST, MT dan unsur pimpinan lainnya.

Studi tiru Disdik Kota Padang itu, dijelaskan Kadisdikbud Agam Drs.Isra,Mpd, dipimpin Habibul Fuadi, S.Pd, M.Si, kepala Disdik Padang, dengan 12 orang pejabat.

” Kunjungan ini merupakan apresiasi bagi kami sekaligus meningkatkan silaturahmi antar OPD penyelenggara pendidikan di Sumatera Barat,” jelas Isra.

Ditambahkan, kunjungan Disdik Kota Padang itu adalah dalam rangka studi tiru pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Disdikbud Kabupaten Agam dalam menyelenggarakan pelayanan urusan pendidikan dan kebudayaan.

“Studi tiru dikhususkan tentang urusan kebudayaan yang dilaksanakan selama ini,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Drs. H. Isra, M.Pd menjelaskan struktur Disdikbud Kabupaten Agam sesuai Perda Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang terdiri dari 1 Sekretariat Dinas yang dipimpin Sekretaris, 5 bidang meliputi Bidang Paud Dikmas, Bidang Pembinaan SD, Bidang Pembinaan SMP, Bidang Ketenagaan, dan Bidang Kebudayaan.

Khusus pada Bidang Kebudayaan, tambahnya, ada 3 seksi yang meliputi Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman, Seksi Sejarah dan Tradisi, dan Seksi Kesenian.

“Dari ketiga seksi tersebut, terdapat 3 program yaitu Program Pengelolaan Kekayaan Budaya, Pengembangan Nilai Budaya dan Pengelolaan Keragaman Budaya,” sebutnya.

Ditambahkan, saat ini Pemko Padang tengah menyiapkan perubahan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Jika selama ini hanya ada urusan pendidikan di Disdik Kota Padang, tahun depan akan berganti menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang.

Isra menambahkan, Pemkab. Agam menyambut baik kunjungan studi tiru Disdik Kota Padang tersebut.

“Kita berharap kunjungan ini juga akan bisa diikuti oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Agam ke Kota Padang setelah ditetapkan Struktur Pemko Padang yang baru nanti,” ujarnya.

Usai kunjungan ke Disdikbud Agam, rombongan Disdik Kota Padang melanjutkan kunjungan ke Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka, rombongan tertarik dengan pengelolaan kebudayaan di Agam terutama pembinaan adat dan budaya, seperti di Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka.

Disamping itu, pembinaan sanggar seni dan koordinasi serta kerjasama yang baik antara Pemkab.Agam bersama LKAAM dan Bundo Kanduang juga mendapat sorotan Disdik Kota Padang.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top