Kaba Terkini

Sukses Majukan Pariwisata Pessel, Nasrul Abit Siap Benahi Pariwisata Sumbar

Padang, kaba12.com — Calon Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Nasrul Abit, dikenal lihai mengembangkan potensi pariwisata.

Buktinya, keberhasilannya mengelola Pantai Carocok Painan dan Kawasan Wisata Mandeh sewaktu menjadi Bupati Pesisir Selatan (Pessel) periode 2005—2015.

Sewaktu mengemban amanah sebagai Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mendapat posisi khusus dari Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, yakni menjadi Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Sumbar.

Mengembangkan pariwisata bukan perkara mudah, ketika mulai membenahi Pantai Carocok Painan sebagai tempat pariwisata, Nasrul Abit dicemooh karena pantai itu sebelumnya menjadi tempat buang air besar warga.

“Dulu waktu saya jadi bupati, Pantai Carocok Painan itu tempat berak. Pagi hari berjejer orang berak di pinggir pantai. Saya mulai berpikir, mau dijadikan apa pantai ini? Kemudian, saya minta izin kepada ninik mamak setempat untuk melakukan sedikit reklamasi sebagai langkah awal menata pantai menjadi objek wisata,” ujarnya, Sabtu (31/10).

Secara bertahap, Nasrul Abit menata Pantai Carocok Painan dengan konsep objek wisata keluarga. Pengelola wisata di sana menawarkan wisata berkeliling pulau kepada pengunjung dengan bot nelayan setempat dan wahana bermain air.

“Nelayan setempat mulai berganti profesi menjadi pemandu wisata. Penghasilan mereka naik, dari yang awalnya Rp50.000 menjadi Rp300.000 per hari,” tuturnya.

Setelah ia membenahi Pantai Carocok Painan, ulas Nasrul Abit, masyarakat mulai merasakan manfaat pengembangan pariwisata.

Mereka yang awal mencemooh justru mengakui sendiri manfaat dari pengembangan pantai tersebut.

“Ada yang datang langsung kepada saya mengaku menikmati manfaat dari pengembangan Pantai Carocok Painan,” ucapnya.

Setelah membenahi Pantai Carocok Painan, Nasrul Abit membenahi Kawasan Wisata Mandeh. Hasil pembenahan itu kini terlihat. Kini Mandeh menjadi objek wisata yang diminati wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Mandeh setelah dibuka oleh Pak Darizal Basir (Bupati Pessel), saya lanjutkan mengembangkan surga tersembunyi itu. Hingga menjadi wakil gubernur, saya tetap fokus pengembangan Mandeh,” ujarnya.

Pada Pilkada Sumbar kali ini, Nasrul Abit bersama Indra Catri menyiapkan beberapa program unggulan untuk pengembangan pariwisata di Sumbar, misalnya mewujudkan wisata halal, menyinergikan pemangku kepentingan pariwisata, meningkatkan kualitas pengelolaan infrastruktur, sarana dan prasarana destinasi wisata sesuai dengan kewenangan pemerintah provinsi.

Mereka juga berencana memfasilitasi penciptaan produk wisata berbasis potensi dan kearifan lokal sebagai objek wisata Nusantara dan dunia.

Selain itu, mereka akan meningkatkan kapasitas kelompok sadar wisata, mengoptimalkan promosi wisata yang modern sesuai segmentasi wisata Nusantara dan mancanegara, serta melibatkan pemengaruh (influencer) media sosial.

“Kami juga akan membuka dan menyediakan infrastruktur menuju lokasi wisata baru yang bersifat adventure dengan melibatkan komunitas dan organisasi dalam pengembangan pariwisata tersebut. Juga menyediakan pelatihan bagi biro perjalanan dan masyarakat penggiat pariwisata agar dapat menyediakan paket wisata yang atraktif,” jelas Nasrul Abit.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top