Kaba Terkini

Tingkatkan Disiplin Prokes, GTP2 Tanjung Raya Gelar Operasi Yustisi di Pasar Bayur

Bayur, kaba12.com — Guna meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan, Tim gabungan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam kembali melaksanakan operasi yustisi di kawasan Pasar Bayur, Jum’at (23/10).

Tim gabungan yang terdiri dari unsur Pemerintahan Kecamatan, Kepolisian, TNI, dan Nagari menyisir areal pasar untuk memastikan kedisiplinan pengunjung dan pedagang terhadap penggunaan masker yang wajib dilakukan di masa pandemi.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, operasi yang dilakukan kali ini sekaligus menindaklanjuti hal yang dilakukan GTP2 Kabupaten Agam beberapa hari yang lalu terhadap penerapan sanksi pelanggaran Perda AKB No 6 kepada masyarakat. Dimana saat ini pihaknya memberikan sanksi teguran kepada pengunjung dan pedagang pasar yang tidak menggunakan masker.

“Oleh karena itu kami dari Tim Kecamatan tidak pernah bosan memberikan himbauan kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker saat beraktivitas. Karena hal ini dilakukan untuk menyelamatkan diri sendiri dan orang lain dari penularan Virus Corona,” ujar Handria Asmi kepada kaba12.com, Jum’at.

Disebutkan Handria, Pemerintah Nagari dan pengurus pasar diharapkan untuk merutinkan sosialisasi penggunaan masker kepada masyarakat. Termasuk memberikan brosur atau pamflet kepada masing-masing pedagang, agar kedepannya lebih disiplin lagi terhadap aturan.

“Jadi, di Pasar Bayur ada sekitar 200 pedagang yang berjualan. Maka dari itu kita berharap pengurus pasar dapat memberikan brosur protokol kesehatan kepada masing-masing pedagang agar kedepannya lebih disiplin dengan aturan,” katanya.

Sementara itu Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin menambahkan, selain melakukan operasi di kawasan pasar, Tim GTP2 juga mengedukasi masyarakat tentang pencegahan dan penanganan dari penyebaran Covid-19.

Dikatakan Akhiruddin, walaupun sanksi pelanggaran Perda AKB sudah diterapkan, pihaknya tidak menginginkan masyarakat terkena sanksi. Oleh karena itu, diperlukan disiplin diri dalam penggunaan masker agar terhindar dari sanksi pelanggaran dan penularan Covid-19.

“Bagi pengunjung atau pedagang yang tidak menggunakan masker tadi kita baru memberikan sanksi teguran. Serta mencontohkan kepada mereka bagaimana cara pemasangan masker dengan benar,” ulasnya.

Kendati demikian, pihaknya berharap kepada pengurus pasar untuk selalu mengingatkan masyarakat tentang penggunaan wajib masker di areal pasar. Sekaligus memastikan pasar tersebut aman dari penyebaran Covid-19.

“Semoga kedepannya masyarakat kita lebih sadar dan disiplin terhadap penggunaan masker. Dengan demikian, tidak ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanjung Raya, sehingga masyarakat dapat beraktivitas secara maksimal dengan aturan protokol kesehatan yang berlaku,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top