Bukittinggi

Tim BHR Bukittinggi Berikan Layanan Penentuan Arah Kiblat

Bukittinggi, KABA12.com — Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Kasmir menugaskan Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) dipimpin H. Zulfakhri Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi bersama Zamratul Ikhwan, H. Deden Muhammad Syukri, Isnawati Wasil dan Syafrial yang juga tim humas Kementerian Agama Kota Bukittinggi untuk melakukan pengukuran arah kiblat rencana pembangunan Mushalla Ar Raudhah Jl. Kusuma Bhakti RT. 05, RW 02 Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Bukittinggi di Mushalla setempat, Jumat (16/10).

Kementerian Agama Kota Bukittinggi melaksanakan pengukuran arah kiblat, memenuhi permohonan panitia pembangunan Mushalla Ar Raudhah Jl. Kusuma Bhakti RT. 05, RW 02 Kelurahan Kubu Gulai Bancah untuk mengukur arah kiblat sebelum pembangunan pada lahan yang sudah ditentukan.

Salah seorang tokoh masyarakat, Syafnir yang juga merupakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bukittinggi, menyampaikan terimakasih kasih kepada tim BHR Bukittinggi yang telah Quick Respon terhadap permohonan pengukuran arah kiblat rencana pembangunan Mushalla Ar Raudhah.

“Alhamdulillah. Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Tim BHRnya memberikan pelayanan pengukuran arah kiblat rencana pembangunan Mushalla Ar Raudhah di komplek kami ini. Pengukuran arah kiblat tersebut sangat penting bagi kami, agar nantinya jangan sampai salah arah kiblat dalam melaksanakan ibadah shalat. InsyaAllah setelah pelaksanaan pengukuran arah kiblat ini, pembangunan Mushalla Ar Raudhah akan segera kita mulai sesuai dengan permintaan orang yang mewakafkan tanah untuk Mushalla ini,” tuturnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Zulfakhri, menjelaskan untuk penentuan arah kiblat shalat, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi melalui Seksi Bimas Islam memberikan layanan pengukuran arah kiblat masjid dan mushalla di wilayah Kota Bukittinggi. Dengan kemajuan zaman dan ilmu pengetahuan serta canggihnya peralatan dapat memberikan kemudahan kepada manusia untuk menentukan posisi yang tepat mengarah ke Ka`bah (Kiblat).

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan layanan pengukuran arah kiblat, agar mengajukan surat permohonan ditujukan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi, dengan dilengkapi data dan peta lokasi yang akan di ukur untuk di tindaklanjuti dengan mengirim petugas ke lapangan,” imbaunya.

Setelah pengukuran dan diberi tanda, Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi akan mengeluarkan surat keterangan atau sertifikat ditandatangani Kepala Kantor Kementerian Agama yang menyatakan bahwa telah diadakan pengukuran arah kiblat.

“Kegiatan ini merupakan tugas dan fungsi dari Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan sekaligus memberikan edukasi kepada umat dalam hal pelaksanakan ibadah serta dalam penetapan arah kiblat yang dilakukan dengan ketelitian, sehingga perselisihan umat dapat diminimalisir serta hasilnya dapat diterima bersama,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top