Kaba Terkini

Panitia Posko Distribusikan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Maninjau

Maninjau, kaba12.com — Setelah sepekan melakukan penggalangan dana untuk membantu korban kebakaran, Senin (28/9) Panitia Posko Penanganan mendistribusikan bantuan kepada para korban kebakaran Jorong Pasa Maninjau, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten.

Pendistribusian bantuan berupa uang tunai kepada korban itu dilaksanakan di Kantor KAN Maninjau dan dihadiri unsur forkopimca, panitia posko, serta perangkat nagari dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Walinagari Maninjau Alfian mengatakan, pasca terjadinya musibah kebakaran pada Jum’at (18/9) lalu, masyarakat setempat bersama pemerintahan nagari berinisiatif mendirikan posko penanganan tanggap darurat selama satu pekan untuk menampung berbagai bantuan dari seluruh pihak.

“Jadi, hari ini kita bersama panitia mendistribusikan bantuan uang tunai dari hasil penggalangan dana di posko. Dimana total bantuan dari penggalangan selama satu pekan itu berjumlah Rp 126.531.000,” kata Walinagari Maninjau Alfian kepada kaba12.com.

Disebutkan, sebelum proses pembagian, pihak panitia posko, KAN, Bamus, Perangkat Nagari, dan Forkopimca telah bermusyawarah dan menetapkan persentase jumlah bantuan yang diberikan. Dimana dari hasil musyawarah, penyaluran bantuan dibagi dua yaitu 60% untuk pemilik bangunan, dan 40 %  untuk penyewa bangunan.

“Total korban yang terdampak berjumlah 11 KK. Masing-masing 4 KK pemilik bangunan, dan 7 KK penyewa bangunan,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya bersama jajaran panitia dan Forkopimca mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur, masyarakat, pemerintah, organisasi, lembaga, dan lainnya yang telah berpartisipasi dalam meringankan beban para korban kebakaran.

“Kami mengucapkan terimakasih sebesar- besarnya kepada seluruh pihak yang sudah terlibat dalam penggalangan dana ini. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan berkah, dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para korban,” terangnya.

Sementara itu Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin berharap, bantuan yang disalurkan dapat diterima dengan iklhas dan penuh syukur. Karena bantuan ini merupakan wujud kepedulian seluruh lapisan masyarakat untuk membantu korban yang tertimpa musibah.

“Selain itu, panitia posko dan Forkopimca telah merinci jumlah besaran bantuan yang diterima korban. Dimana hasilnya telah disepakati untuk dibagi kepada pemilik bangunan dan penyewa bangunan,” ujarnya didampingi Wali Jorong Pasa Maninjau M Sidi Bagindo.

Ia menyebutkan, dengan adanya musibah ini dapat memberikan pelajaran kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati, karena musibah itu bisa datang kapan saja. Kemudian, ia juga mengungkapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang membantu dan bergotong royong baik secara moril maupun materil.

“Inilah yang dinamakan orang Minang. Karena sesuai dengan pepatah ‘Sadanciang bak basi, saciok bak ayam. Kaba rancak bahimbauan, kaba buruak bahambuan’,” ucapnya.

Seorang korban penerima bantuan, Emi Wati (58) mengucapkan syukur kepada Allah SWT, serta seluruh donatur yang telah membantu. Ia menyebutkan, bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk membangun pondok kecil atau tempat tinggal sementara.

Disisi lain, diungkapkan saat kebakaran itu terjadi api dengan cepat melenyapkan rumah miliknya. Sehingga barang-barang di dalam rumah tidak terselamatkan. “Termasuk surat-surat penting juga ikut terbakar,” ujarnya dengan mata berlinang.

Walau demikian, dirinya merasa bersyukur atas kebaikan dan kepedulian masyarakat terhadap para korban. “Kami sangat berterimakasih sekali kepada seluruh pihak. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikannya, Aminn,” ungkapnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top