Kaba Terkini

Siaga Covid-19, Tim Gabungan Gelar Patroli Prokes di Pasar Bayua

Bayua, kaba12.com — Jajaran tim gabungan melakukan patroli pendisiplinan protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat di kawasan Pasar Bayua, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jum’at (25/9).

Tim gabungan yang terdiri dari aparat Polsek Tanjung Raya, Koramil 05 Tanjung Raya, Camat Tanjung Raya, Forkopimca, Pengurus Pasar, dan Wali Jorong ini menyasar ke areal pasar guna memastikan pelaksanaan protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin menyebutkan, kegiatan ini merupakan protap yang harus dilakukan selama masa pandemi berlangsung. Dimana protap ini sesuai dengan Instruksi Presiden RI tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019.

“Jadi kita bersama tim gabungan melakukan pengawasan dan pendisiplinan terhadap protokol kesehatan yang harus dilakukan masyarakat saat beraktivitas. Diantaranya wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” kata Iptu Akhiruddin kepada kaba12.com.

Ia menyebutkan, dengan adanya pengawasan seperti ini diharapkan kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kesadarannya dalam melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku. Namun bagi pelanggar protokol kesehatan saat ini hanya diberi teguran kemudian didata agar kedepannya tidak mengulang pelanggaran serupa.

“Kita sangat berharap kepada masyarakat untuk mengikuti aturan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus Corona. Dengan demikian dengan adanya kesadaran masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan ini dapat menurunkan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Agam khususnya dan Sumatera Barat umumnya,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Tanjung Raya Handria Asmi menambahkan, pengawasan dan pendisiplinan ini dilakukan menjelang ditepkannya aturan baru di Sumatera Barat dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Dimana hal itu dilakukan sebagai upaya memutus mata penyebaran kasus Covid-19.

Disebutkan Handria, pihaknya tak pernah bosan menyampaikan kepada masyarakat terkait aturan protokol kesehatan ini. Karena salah satu upaya memutus rantai penyebarannya adalah yakni patuh dengan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker saat beraktivitas.

“Dari pantauan kita dilapangan masih banyak masyarakat yang kurang kesadarannya dalam memperhatikan keselamatan dengan protokol Covid-19 ini. Namun, dengan adanya pengawasan rutin seperti ini, diharapkan kepada masyarakat untuk memahami pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan yang harus dijalankan di era Adaptasi Kebiasaan Baru,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top