Kaba Terkini

Tim Gabungan Gelar Operasi Yustisi – Tertibkan Pemakaian Masker di Pasar Maninjau

Maninjau, kaba12.com — Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, jajaran Tim Gabungan menggelar operasi penertiban penggunaan masker kepada masyarakat di Pasar Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (22/9).

Tim Gabungan yang terdiri dari jajaran personil Polsek Tanjung Raya, Satpol PP Agam, KSB, Pengurus Pasar, dan Forkopimca ini menyasar ke areal pasar untuk menertibkan masyarakat dalam penggunaan masker di tengah pandemi.

Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Fartanto melalui Wakapolsek Iptu Akhiruddin menyebutkan, operasi penertiban Masyarakat ini sesuai dengan Perda Sumatera Barat tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Dimana didalam Perda tersebut setiap orang wajib mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan sebagai upaya mencegah dari penyebaran Covid-19.

“Jadi kita bersama tim gabungan melakukan keliling pasar untuk menertibkan masyarakat terkait penggunaan masker. Dalam operasi itu tindakan yang kita berikan kepada pelanggar aturan ini hanya teguran dan peringatan tertulis. Dimana bagi yang tidak mengenakan masker didata kemudian di foto supaya kedepannya tidak melanggar lagi,” kata Iptu Akhiruddin kepada kaba12.com.

Disebutkan Wakapolsek, dari sekian banyak pedagang dan pengunjung pasar, ada 20 orang yang diberi teguran dan didata dengan pelanggaran tidak menggunakan masker, serta tidak menggunakan masker secara benar atau hanya diletakkan di dagu saja.

“Bagi pelanggar ini kita beri peringatan dan pemahaman bahwasanya kepentingan penggunaan masker itu sangat dibutuhkan apalagi di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya pemaparan virus Corona,” ujarnya.

Dalam Minggu depan, kata Wakapolsek, bagi pelanggar aturan ini akan diberi tindakan dan sanksi sesuai yang diatur dalam Perda Sumatera Barat dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 ini.

Disebutkan, dalam Minggu ini pihaknya bersama unsur Forkompinca Tanjung Raya telah bersepakat untuk melakukan sosialisasi dan teguran kepada pelanggar. Namun jika pelanggar ini berulang-ulang akan diberi sanksi sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

“Kita berharap dengan adanya operasi ini masyarakat bisa meningkatkan kesadaran dan kepatuhannya terhadap protokol kesehatan. Sehingga dengan cara demikian mereka bisa menjaga diri sendiri dan orang lain agar terhindar dari bahaya penularan virus Corona,” jelas Wakapolsek Tanjung Raya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top