Kaba Terkini

Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Seluruh ASN-Pegawai Pemkab.Agam Jalani Tes Swab

Lubukbasung, kaba12.com — Upaya memutus rantai penyebaran covid-19 di kabupaten Agam menyusul turunnya status daerah ini sebagai kawasan zona merah pandemic covid-19 di Indonesia, membuat tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 (GTP2 Covid-19) Agam melakukan berbagai langkah.

Salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus corona itu, dijadualkan mulai Rabu,(23/9) sampai tanggal 1 Oktober mendatang, akan digelar tes swab massal untuk seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan seluruh pegawai baik PTT, kontrak maupun THL di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab.Agam, di 3 lokasi pengambilan sampel tes swab masing-masing RSUD Lubukbasung, Puskesmas Lubukbasung dan Puskesmas Manggopoh.

Sebelumnya, bulan lalu, Pemkab.Agam juga sudah menggelar tes swab massal untuk seluruh ASN kantor camat, kantor walinagari dan puskesmas di seluruh wilayah kabupaten Agam, yang mayoritas dinyatakan negative terpapar covid-19.

Instruksi tes swab massal pada seluruh ASN dan pegawai Pemkab.Agam itu, merupakan tindak lanjut dari hasil rapat darurat GTP2 Covid-19 Agam Minggu,(20/9) malam lalu, dimana bupati Agam Dr.Indra Catri mengintruksikan agar dilakukan langkah super ekstra ordinary dalam upaya meredam lonjakan kasus positif covid-19 di kabupaten Agam.

Untuk tes swab massal tersebut, Sekab.Agam M.Dt.Maruhun sudah mengeluarkan surat edaran tes swab menyeluruh pada seluruh OPD Pemkab.Agam, lengkap dengan jadual dan lokasi pengambil sampel uji swab masing-masing dinas-instansi.

Menurut H.M.Dt.Maruhun, Sekab.Agam yang juga ketua harian GTP2 Covid-19 Agam, tes swab menyeluruh itu untuk tahap awal dilakukan di jajaran pemerintahan kabupaten Agam, khususnya OPD-OPD yang berkantor pusat di Lubukbasung.

Dijelaskan, pihaknya sudah menurunkan edaran, termasuk jadual pelaksanaan tes swab menyeluruh tersebut, termasuk menyiapkan perangkat pendukung bagi petugas medis yang akan melaksanakan kegiatan tes swab tersebut.

“ Langkah ini salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di kabupaten Agam, karena saat ini harus dilakukan langkah-langkah super ekstra, sehingga langkah-langkah antisipasi dan penanganan juga bisa dilakukan cepat, “ tegasnya.

Ditambahkan M.Dt.Maruhun, pihaknya bersama seluruh jajaran GTP2 Covid-19 Agam bersama seluruh camat, walinagari dan kepala puskesmas, untuk melakukan berbagai langkah di lapangan, sehingga kabupaten Agam bisa segera keluar dari zona merah saat ini.

Dilain pihak, ketua harian GTP2 Covid-19 Agam itu, berharap, peran aktif masyarakat harus lebih terlhat optimal dalam aktivitas keseharian, terutama dengan mentaati protokol kesehatan, “ ingat, selalu pakai masker dengan benar, jaga jarak aman, selalu rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, “ ujar M.Dt.Maruhun mengimbau.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top