Kaba Terkini

Agam Masuk Zona Merah-Tambah 1 Meninggal, Total Meninggal Jadi 8 Orang Total Terpapar 437 Orang

Lubukbasung, kaba12.com — Kabupaten Agam terus mengalami lonjakan kasus positif covid-19. Minggu, (20/9), terjadi penambahan 11 kasus positif baru, sehingga total kasus positif covid-19 di daerah ini mencapai 437 kasus.

Bahkan, Minggu ini di kabupaten Agam, terjadi penambahan 1 warga yang meninggal dunia akibat covid-19, sehingga total warga yang meninggal akibat keganasan virus corona mencapai 8 orang, sejak dua bulan terakhir.

Dampaknya, tercatat mulai Minggu,(20/9), kabupaten Agam secara nasional sudah dinyatakan masuk dalam zona merah, sama halnya dengan kota Padang.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam, H.M.Dt.Maruhun menjelaskan, sebaran penambahan warga terkonfirmasi positif Covid-19 meliputi Banuhampu sebanyak 4 kasus, IV Koto 2 kasus, Ampek Angkek 1 kasus, Sungai Pua 1 kasus, Palembayan 1 kasus, Kamang Magek 1 kasus, dan Canduang 1 kasus.

Dirinci 4 warga Banuhampu yang menambah daftar panjang pasien terkonfirmasi Covid-19 itu adalah MI (L/23), N (P/24), AE (L/22), dan A (L/47), kemudian warga IV Angkek berinisial FW (P/31), warga Sungai Pua berinisial IA (L/42), warga Palembayan berinisial A (L/54), warga Kamang Magek berinisial AJ (L/80), dan warga Canduang berinisial RY (L/85),

“Selain penambahan kasus warga terkonfirmasi Covid-19, hari ini 4 orang pasien yang dirawat juga sudah sembuh,”jelasnya.

Adapun rincian 4 pasien yang dinyatakan sembuh tersebut merupakan warga Kecamatan Palembayan sebanyak 3 orang inisial M (L/59), CM (P/51), R (L/33). Sedangkan 1 orang lagi adalah warga Lubuk Basung inisial TFS (L/51). “Dengan tambahan 4 pasien sembuh, maka total pasien yang sembuh Covid-19 di Agam semuanya sebanyak 136 orang,” katanya.

Sementara itu, ia juga menjelaskan terdapat 1 orang warga Agam terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia, hingga total kasus meninggal sampai hari ini, Minggu (20/9) sebanyak 8 orang.

“Hari ini, kita kembali berduka, satu orang warga kita inisial “M” usia 58 jenis kelamin perempuan dinyatakan meninggal, Beliau berasal dari kecamatan IV Koto,”jelasnya.

M.Dt.Maruhun, juga menyebutkan, kasus suspek atau warga yang dicurigai terinfeksi Covid-19 tercatat sebanyak 108 orang. Sedangkan warga yang terindikasi memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi Covid-19 sebanyak 1460 orang. “Hari ini yang dirawat sebanyak 293 orang dengan rincian, 27 dirawat di Rumah Sakit, 24 dikarantina, dan 242 orang isolasi mandiri,” sebutnya.

Berdasarkan hasil kajian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat bahwa Kabupaten Agam kembali berada di Zona Merah.

” Dengan status zona merah tersebut, kami meminta kepada warga Agam untuk benar-benar disiplin menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Semoga pandemi ini cepat berakhir,” harapnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top