Kaba Terkini

Pasca Kebakaran di Maninjau, Warga Goro Massal Bersihkan Puing Bangunan

Maninjau, kaba12.com — Pasca terjadinya musibah kebakaran hebat yang menghanguskan 4 unit rumah dan 4 unit toko di Simpang IV Maninjau, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jumat (18/9) malam kemarin, membuat warga setempat langsung melaksanakan Goro massal.

Kegiatan goro massal yang diikuti unsur Muspika Tanjung Raya, KSB, TKSK, personil Polsek Tanjung Raya, dan ratusan warga itu dalam rangka membersihkan sisa-sisa puing bangunan yang hangus terbakar pada Jumat malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi, Sabtu (19/9) menyebutkan, goro massal ini merupakan kesepakatan bersama untuk membersihkan puing bangunan yang terbakar. Kemudian pihak kepolisian telah melakukan identifikasi di TKP guna kepentingan penyelidikan.

“Ini merupakan bentuk kepedulian dan partisipasi masyarakat yang luar bisa. Sehingga dengan demikian dapat mempermudah pencarian barang atau benda berharga milik korban yang masih tertinggal,” kata Handria Asmi didampingi Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin kepada kaba12.com.

Dikatakan Handria, hal ini diharapkan kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan antisipasi terjadinya kebakaran.

Termasuk pemilik bangunan tua untuk selalu memperhatikan instalasi listrik untuk mencegah terjadinya Musibah kebakaran. “Antisipasi itu sangat penting bagi kita semua untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, dalam musibah ini banyak barang-barang milik warga yang terselamatkan, dimana dalam kejadian itu api secara cepat meluluhlantakan bangunan yang terbuat dari kayu itu.

“Penyebabnya masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Sementara untuk kerugiannya diperkirakan hampir mencapai Rp 1 Milyar atau sekitar Rp. 950.000.000,” ulasnya.

Sebelum melaksanakan goro massal, Polsek Tanjung Raya menghimbau masyarakat dan tim untuk berhati-hati dalam melakukan proses pembersihan puing bangunan.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan banyak pecahan kaca, paku, dan benda tajam lain yang berserakan di TKP, sehingga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sebelum melaksanakan goro, kita sudah himbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam membersihkan puing bangunan. Karena masih banyak benda tajam yang mengintai dalam proses pembersihan,” jelas Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top