Kaba Terkini

Musibah Kebakaran Landa Warga Maninjau, Bupati Indra Catri Ikut Berduka-Langsung Serahkan Bantuan

Maninjau, kaba12.com — Musibah kebakaran dahsyat yang melanda warga Maninjau Jumat tadi malam mengundang duka mendalam bagi banyak pihak. Bahkan, bupati Agam Dr.H.Indra Catri ikut berduka atas musibah yang terjadi di kawasan Simpang Ampek Pasar Maninjau, Nagari Maninjau, kecamatan Tanjung Raya itu.

Wujud keprihatinan dan duka atas musibah yang menimpa warganya itu, bupati Agam Dr.H.Indra Catri langsung mendatangi lokasi musibah kebakaran untuk memantau langsung proses penanganan pasca musibah kebakaran dan menyerahkan bantuan untuk para korban terdampak.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Indracatri disambut Camat Tanjung Raya Handria Asmi bersama jajaran Forkopimca Tanjung Raya bersama para korban yang langsung disambut isak tangis para korban musibah kebakaran di lokasi kejadian.

Bupati Agam dalam kunjungan ke lokasi kejadian tersebut menyerahkan bantuan berupa beras 18 karung, tools kids 6 pics, telur 9 pak, tikar 6, selimut 6, tambahan gizi 12 paket dan uang tunai Rp.10 juta untuk korban kebakaran yang diterima warga di posko khusus yang sengaja dibuka dekat lokasi kejadian.

“ Kami prihatin dan berduka, atas musibah ini, kami berharap semua keluarga korban bersabar, semoga ada hikmah dibalik semua musibah ini,” ungkapnya dengan nada pelan.

Dr.Indra Catri juga mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada terhadap bahaya api, karena kecil jadi kawan, besar jadi musibah, sehingga masyarakat diminta mewaspadai segala potensi yang bisa merugikan jika berkaitan dengan api.

“ Kami sangat berduka atas musibah itu, kami minta jajaran terkait untuk segera membantu pemulihan dan penanganan pasca musibah. Kami berharap, masyarakat bersama jajaran pemerintahan nagari untuk berperan aktif dalam proses perbaikan dengan semangat gotong royong yang selama ini terkenal sangat kuat di Maninjau dan Tanjung Raya, “ ungkap.

Kebakaran dahsyat yang menghanguskan 4 rumah 4 toko di Simpang Ampek Pasar Maninjau menimbulkan kerugian yang ditaksir mencapai Rp.1 miliar, karena selain menghanguskan seluruh bangunan, juga berbagai peralatan rumah tangga, barang-barang berharga, termasuk berbagai jenis dagangan di 4 toko itu, tidak ada yang bisa diselamatkan dari amukan api yang membesar.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran dahsyat di kawasan Pasar Maninjau itu, membuat gempar masyarakat, pasalnya sigulambai yang mengamuk sejak Jumat,(18/9) malam sekitar pukul 20.45 WIB, sontak membuat panik masyarakat di kawasan itu, karena bangunan yang berada di lokasi kebakaran sangat padat, termasuk kompleks SMAN 1 Maninjau, gedung PT.Telkom dan Mapolsek Tanjung Raya.

Namun, kesigapan tim Damkar Agam, dibantu tim Damkar Padang Pariaman, personil Polres Agam, personil TNI, pemuda dan masyarakat setempat, api dengan cepat bisa langsung diisolasi, sehingga tidak menjalar ke bangunan lain.

Namun kebakaran dahsyat yang membuat Maninjau “membara” itu, menghanguskan 4 rumah, 4 toko dan 1 pangkalan ojek persis di Simpang Ampek Pasar Maninjau tersebut.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi, menyebutkan data sementara yang dihimpun petugas di lapangan menyebutkan, 4 rumah yang hangus terbakar masing-masing milik Asril (49), Fauzi (70), Adrian (88) dan Suadi (58), sementara 4 kedai yang terbakar masing- masing studio foto, toko perlengkapan pancing, counter HP, toko sandal dan pangkalan ojek.

Untuk penanganan lebih lanjut, pihaknya bersama unsur Forkopimca Tanjung membuka posko khusus penanggulangan pasca musibah kebakaran di Maninjau tersebut, untuk proses penanganan dampak pasca musibah tersebut.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top