Kaba Terkini

Dinsos Agam Minta Warga Jujur Saat Verifikasi dan Validasi DTKS

Maninjau, kaba12.com — Dinas Sosial Kabupaten Agam meminta masyarakat untuk jujur disaat pendataan verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang akan dilaksanakan oleh petugas dalam waktu dekat ini.

“Jadi kita sangat berharap kejujuran masyarakat dalam proses pendataan verifikasi dan validasi DTKS nantinya. Baik itu jujur memberikan ID PLN, jumlah daya listrik, jumlah hewan ternak, dan luas lahan pertanian,” kata Kabid Linjamsos Dinsos Agam, Arfi Yunanda didampingi Koordinator TKSK Agam, M Sidi Bagindo usai melaksanakan Bimtek Petugas Pendataan DTKS di Aula Kantor Camat Tanjung Raya, Selasa (15/9).

Menurutnya, kejujuran masyarakat dalam proses pendataan itu sangat diperlukan sebagai acuan untuk dinyatakannya seseorang itu layak atau tepat sasaran mendapatkan bantuan sosial nantinya.

“Saat ini jumlah DTKS di Kabupaten Agam tercatat sebanyak 43.533 rumah tangga miskin. Selanjutnya akan dilakukan pendataan oleh petugas dan akan dihimpun pada akhir November nanti,” ujarnya.

Disebutkan, standar penerimaan bantuan  BLT, BST, dan Sembako kepada masyarakat  berpedoman kepada DTKS. Dimana hasil DTKS yang akan diverifikasi dan divalidasi dalam waktu dekat ini sangat diharapkan betul-betul tepat sasaran. Kemudian, hal ini juga menjadi pedoman oleh Kementerian, Lembaga, ataupun Pemerintah Daerah untuk pembangunan yang akan dilaksanakan kedepannya.

Sementara itu, Dinas Sosial Kabupaten Agam melakukan bimbingan teknis kepada petugas pendata ini mencakup di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Agam, dan telah dimulai sejak Senin (14/9) kemarin.

“Saat ini kecamatan di Agam yang sudah kami berikan Bimtek adalah Ampek Koto, Malalak, Matur, dan Tanjung Raya. Untuk Kecamatan lain akan kami berikan Bimtek pula dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top