Kaba Terkini

Dinsos Agam Gelar Bimtek Verifikasi dan Validasi DTKS Tanjung Raya

Maninjau, kaba12.com — Dinas Sosial Kabupaten Agam menggelar bimbingan teknis (Bimtek) kepada petugas verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (15/9).

Bimtek yang digelar di Aula Kantor Camat Tanjung Raya itu dihadiri Kepala Dinas Sosial Agam Rahmi Artati diwakili Kabid Linjamsos Arfi Yunanda, Camat Tanjung Raya diwakili Sekcam Alfian, Kasi Kesos Miswarni, Koordinator TKSK Agam M. Sidi Bagindo, dan diikuti oleh petugas pendata DTKS Tanjung Raya.

Dalam sambutannya, Kabid Linjamsos Arfi Yunanda menyebutkan, dasar melaksanakan verivikasi ini berdasarkan Peraturan Menteri Sosial No 5 tahun 2019 tentang pengelolaan DTKS. Dimana saat ini jumlah DTKS di Kabupaten Agam sebanyak 43.533 rumah tangga miskin. Sementara di Kecamatan Tanjung Raya sebanyak 3.399 rumah tangga miskin yang akan diverifikasi dan divalidasi nantinya.

“Jadi kita sangat berharap kepada petugas pendata ini agar mendapatkan hasil yang benar-benar lengkap dan valid di lapangan nantinya. Termasuk ID PLN rumah masing-masing DTKS, karena dengan demikian data verivikasinya bisa dinyatakan akurat,” kata Arfi Yunanda.

Ia menyebutkan, dampak dari DTKS ini sudah tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) tiga Menteri, yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Sosial, dan Menteri Keuangan. Dimana isi dari SKB itu akan berdampak kepada dana alokasi umum (DAU). Kendati demikian, artinya langkah kebijakan dari DAU itu berdampak kepada pembangunan di daerah.

“Jadi kalau berkurang DAU untuk daerah maka akan berdampak kepada pembangunan selanjutnya. Oleh karena itu pemerintah sangat berharap agar data yang diverifikasi itu benar-benar akurat,” ujarnya.

Sementara itu Camat Tanjung Raya diwakili Sekcam, Alfian mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan terlaksananya Bimtek bagi petugas verifikasi dan validasi DTKS Kecamatan Tanjung Raya. Karena dengan adanya Bimtek ini petugas bisa mendapatkan tambahan ilmu dan pemahaman dalam memverifikasi dan memvalidasi DTKS.

“Seperti kita ketahui selama ini yang menjadi acuan atau rujukan dari pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat adalah data penerima. Oleh karena itu perlu kiranya data ini diverifikasi dan divalidasi secara berkala, agar tidak terjadi persoalan atau permasalahan di lapangan nantinya,” ulas Sekretaris Camat Tanjung Raya itu.

Menurutnya, kondisi masyarakat itu perlu diketahui. Pasalnya, dari waktu ke waktu kondisi mereka pasti akan berubah. Meski demikian tentu akan ada persoalan di tengah masyarakat khususnya disaat penyaluran bantuan sosial. Dimana hal ini diakibatkan karena tidak validnya penerima DTKS tersebut.

“Nah, persoalan inilah yang harus kita atasi. Kemudian diharapkan kepada petugas yang mendata di lapangan nanti dapat berkoordinasi dan berkomunikasi baik dengan Pemerintahan Nagari agar kesalahpahaman itu bisa diatasi di masa yang akan datang. Selanjutnya diharapkan juga kepada petugas untuk bekerja secara independen dan bebas dari intervensi dari pihak manapun, baik itu pemerintah, masyarakat, ataupun keluarga dia sendiri,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top