Kaba Terkini

Warga Terdampak Covid-19 di Agam Lega, BLT Dana Desa Cair

Lubukbasung, kaba12.com — Warga terdampak percepatan penanganan pandemic covid-19 di kabupaten Agam makin bernapas lega, menyusul cairnya dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa, Selasa,(19/5).

Dijadualkan sebanyak 82 nagari di kabupaten Agam, hingga Rabu,(20/5) besok, akan menyelesaikan proses pencairan dana BLT tersebut, yang langsung didistribusikan pada masyarakat yang berhak menerimanya sesuai data yang diajukan pemerintah nagari, yang terdampak dalam percepatan penanganan covid-19.

Pencarian BLT Dana Desa itu dibenarkan Asisten I Sekab Agam Rahman, Kadis.DPMN Agam Teddy Martha dan Kabag.Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam Khasman Zaini, menjawab kaba12.com di posko utama gugus tugas percepatan penanganan covid-19 (GTP2 Covid-19) Agam, Selasa,(19/5).

Dijelaskan Teddy Martha, BLT yang bersumber dari dana desa tersebut, sesuai target sudah bisa dicairkan seluruh nagari di kabupaten Agam mulai Selasa siang tadi, dan langsung didistribusikan pada masyarakat yang sudah terdata sebelumnya.

Dijelaskan Teddy Martha, BLT Dana Desa itu, merupakan paket bantuan untuk warga miskin terdampak percepatan penanganan covid-19, yang datanya dikelola pemerintahan nagari diluar data penerima BLT Pemprov Sumbar dan BST Kemensos RI, PKH, BPNT dan Kartu Prakerja

Distribusi BLT Dana Desa, ulas Kadis DPMN Agam itu, dilakukan dengan dua pola, yakni dengan meminta warga yang berusia muda datang langsung ke kantor walinagari dengan skedul yang ditetapkan, dengan penerapan protokol covid-19. Sementara warga yang berusia lanjut, tim nagari akan mengantarkan langsung ke rumah warga.

Untuk penerima BLT Dana Desa tersebut, sesuai instruksi bupati Agam, di rumah-rumah penerima bantuan dipasangkan langsung stiker penerima BLT Dana Desa untuk menghindari tumpang tindih penerimaan bantuan.

“ Kita berharap, Rabu besok seluruh nagari sudah selesai Perwananya dan Dana Desa Tahap 2 khusus untuk BLT sudah bisa didistribusikan kepada masyarakat, “ jelas Teddy Martha lagi.

Pencarian BLT Dana Desa tersebut, diharapkan bisa memenuhi harapan masyarakat untuk mendapatkan bantuan dampak penanganan covid-19, yang saat ini diupayakan Pemkab.Agam memanfaatkan sumber berlapis, sesuai target skema penerima bantuan untuk warga terdampak virus corona sebanyak 65 persen di kabupaten Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top