Kaba Terkini

104 KK Warga Nagari Maninjau Terima BLT DD Tahap 1

Maninjau, kaba12.com — Sebanyak 104 kartu keluarga (KK) warga di Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap pertama senilai Rp 600.000 per KK, Rabu (20/5).

Sebagai langkah untuk menghindari kerumunan warga, pembagian BLT DD ini dilakukan secara door to door oleh Wali Jorong beserta perangkat nagari, Walinagari, dan Bhabinkamtibmas.

Walinagari Maninjau Alfian mengatakan, penerima bantuan langsung tunai dana desa atau BLT DD ini adalah mereka yang ekonominya terdampak akibat wabah Covid-19 dan belum pernah mendapatkan bantuan jaring pengaman sosial apapun dari pemerintah. Selain itu penerima bantuan ini ada tiga tahapan, namun untuk saat ini baru 1 tahap saja yang disalurkan, masing-masing penerima bantuan akan mendapat Rp 600 ribu per KK tiap bulannya.

“Kriteria penerima BLT DD ini diantaranya keluarga miskin yang tidak terdata sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kartu pra-kerja, dan memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis, serta kehilangan pencarian akibat wabah Covid-19,” kata Walinagari Maninjau kepada kaba12.com saat melakukan penyaluran BLT DD.

Selain itu, penerima BLT DD ini telah di data dan diverifikasi oleh wali jorong masing-masing. Dan hasilnya ditetapkan dalam musyawarah desa atau Musdes.

“Hari ini langsung kita tuntaskan pembagian ke penerima bantuan melalui Walijorong masing-masing dengan sistem door to door,” ujarnya.

Sementara salah seorang penerima BLT DD, Chandra (56), mengucapkan terimakasih kepada pemerintah atas kepedulian terhadap keluarganya yang terdampak wabah Covid-19. Ia menyebutkan, akan mempergunakan bantuan ini untuk mencukupi kebutuhan harian keluarganya.

“Saat ini ekonomi kami benar-benar terdampak akibat wabah Covid-19. Insyaallah bantuan ini akan kami gunakan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top