Kaba Terkini

Nagari Bangun Posko Siaga Covid19 Gunakan Dana Desa Tanggap Darurat

Lubukbasung, kaba12.com — Seluruh pemerintah nagari di kabupaten Agam diinstruksikan untuk membuka posko tanggap darurat penanganan penyebaran covid19 sesuai instruksi bupati Agam, dengan mengambil langkah-langkah strategis berkoordinasi dengan unsur terkait di tingkat kecamatan.

Untuk operasional, pemerintah nagari bisa memanfaatkan dana desa, sesuai dengan keputusan Kemendes RI terkait dengan penanganan penyebaran covid19 secara nasional, namun harus sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku.

Hal itu disebutkan H.Teddy Martha, kepala DMPN Agam menjawab kaba12.com, terkait dengan langkah penanganan penyebaran covid19 di kabupaten Agam, sebagai tindaklanjut presiden dalam penanganan bersama di seluruh lini, mengantisipasi penyebaran covid19.

Dijelaskan Teddy Martha, sesuai keputusan Kemendes RI yang ditindaklanjuti dengan keputusan bupati Agam terkait dengan tanggap darurat penanganan penyebaran covid19 di kabupaten Agam, seluruh nagari sudah diinstruksikan untuk melakukan berbagai langkah penting terkait upaya mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah masing-masing.

Dan seluruh nagari di kabupaten Agam, ulas Teddy Martha sudah menjabarkannya dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan di lapangan, termasuk membuka posko siaga covid19 di nagari masing-masing.

Walau demikian, Teddy Martha mengingatkan, pemanfaatkan dana desa untuk kegiatan penanganan penyebaran covid19 tersebut, harus sesuai dengan mekanisme dan regulasi yang sudah ditetapkan, terutama untuk menghindari hal-hal yang berpotensi menyalahi aturan hukum yang ada, “aturannya sudah jelas, dan langkah penanganan yang harus dilakukan juga sudah diatur dengan instruksi bupati Agam, “ ulas Teddy Martha.

Pantauan kaba12.com, sejak dua hari terakhir, seluruh nagari sudah bergerak, menyusun satgas khusus termasuk membentuk posko siaga covid19, yang bekerjasama dengan camat, forkopimca dan petugas medis puskesmas di berbagai nagari.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top