kaba IPTEK/IT

Sinyal HP Jelek Saat Hujan? Inilah Penyebab

Keluhan koneksi sinyal ponsel yang tiba-tiba menjadi jelek saat hujan kerap diutarakan pengguna. Keluhan seperti ini banyak terlihat di linimasa media sosial.

Keluhan buruknya sinyal ini hampir dikeluhkan pada semua operator seluler, mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, hingga Smartfren.

Hujan memang bisa memengaruhi kualitas jaringan selular. Sehingga kualitas jaringan di suatu wilayah akan terganggu sementara ketika hujan, seperti ditulis situs Institut Insinyur Elektrik dan Elektronik (IEEE).

Secara umum, gelombang radio pada layanan seluler memang bakal terpengaruh ketika terjadi perubahan cuaca.

Petir, hujan lebat, awan yang tebal, semua bisa mengganggu kelancaran jaringan telepon. Jangkauan seluler biasanya menjadi tidak merata, kejernihan suara saat bertelepon terganggu, dan kecepatan data melambat.

Sinyal ponsel dari BTS dihantarkan oleh ion-ion positif yang bertebaran di udara. Saat terjadi hujan lebat dan angin kencang, susunan ion di udara menjadi tidak beraturan.

Tetesan air yang jatuh menghambat hantaran listrik. Sehingga, kelancaran pancaran sinyal selular terganggu.

Selain itu, sinyal telekomunikasi biasanya menggunakan frekuensi tinggi. Jenis sinyal seperti ini tidak bisa menjelajah dengan baik melalui air. Besar tetesan air juga memengaruhi sinyal di frekuensi tertentu. Sehingga, sinyal tak bisa ditransmisikan dengan lancar dari BTS ke ponsel pengguna saat hujan, seperti ditulis Nature.

Namun, belakangan masalah ini bisa dikurangi. Sebab, para insinyur berusaha membangun teknologi yang lebih baik, seperti dilansir Roaming Buzz.

Dilansir Outsideonline, hujan petir dianggap bukan hanya memengaruhi kualitas sinyal, tetapi lebih berbahaya karena membuat gangguan aliran listrik dan transmisi lainnya.

(sumber: cnnindonesia.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top