kaba IPTEK/IT

6 Metode Pembayaran Paling Canggih di Dunia

Perkembangan teknologi digital telah memunculkan banyak cara pembayaran elektronik baru, meninggalkan cara-cara tradisional membayar dengan uang cash maupun kartu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara pembayaran unik dan canggih yang ada di dunia. Apa yang ada di film terjadi nyata di kehidupan manusia.  

1. Bayar dengan senyuman (Smile Pay)

Salah satu merchant yang menerapkan teknologi pembayaran non tunai dengan Smile Pay adalah fast food asal Amerika Serikat, KFC, di Tiongkok. Cara kerjanya adalah memindai wajah konsumen untuk membayar menu yang dibeli. Setelah itu masukkan nomor ponsel.

Tujuan teknologi  ini agar terhindar dari penipuan dan pemalsuan identitas, karena alat pemindai wajah ini dikombinasikan dengan kamera 3D dan deteksi algoritma. Untuk itu, Smile to Pay ini tak bisa digunakan oleh orang lain. Bagi kamu yang suka selfie, tampaknya inovasi ini bisa bikin kamu happy dan semakin bergaya.

2. Bayar dengan tatapan mata (Retinal Scan Payment)

Setelah dengan senyuman, kini pembayaran dengan tatapan mata atau Retinal Scan Payment. Tatapan mata saja sudah bisa dipakai untuk membuka ponsel dan membuka perangkat elektronik keras, sebagai metode pembayaran tentunya bukan hal yang mustahil.

Transaksi pembayaran dengan tatapan mata ini tersedia dalam ponsel pintar keluaran negeri matahari alias Jepang. Pada tahun 2015, perusahaan telekomunikasi di Jepang, NTT Docomo bekerja sama dengan produsen smartphone Arrows NX F-4G. NTT Docomo menjelaskan, ponsel Arrows NX merupakan ponsel pintar pertama dunia yang menggunakan teknologi pengenalan selaput pelangi mata.

3. Bayar dengan chip (Microchip Implant)

Swedia menjadi salah satu negara yang memulai microchip implant kepada warganya. Setelah melakukan serangkaian uji coba yang dimulai pertama kali pada 2015, akhirnya Swedia melakukan microchip implant kepada warganya dalam skala besar. Seperti dilansir dailymail.co.uk, sekitar 4.000 warga Swedia telah ditanami microchip yang berisi detail identitas mereka. Salah satu perusahaan pengembang inovasi ini adalah BioHax International.

Teknologi microchip implant yang ditanamkan di bawah kulit, dekat pergelangan tangan ini membuat aktivitas masyarakat dan transaksi pembayaran menjadi lebih praktis. Tidak perlu repot lagi membawa dompet dan uang tunai, urusan tiket kereta, kartu akses hingga media sosial bisa dilakukan dengan microchip implant.

4. Bayar dengan Sidik Jari (Fingerprint Payment)

Pada tahun 2015, Jepang memulai pengujian sistem teknologi Fingerprint Payment untuk memudahkan transaksi pembayaran masyarakatnya. Tak hanya untuk membeli barang dan jasa, penggunaan sidik jari juga untuk memverifikasi identitas.

Sistem sidik jari ini juga tengah dalam pengujian untuk menarik uang dari mesin ATM. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi kasus penipuan transaksi dengan kartu curian.

5. Bayar dengan Cincin (Smart Ring)

Metode pembayaran dengan Kerv Smart Ring pertama kali hadir di London, Inggris. Kerv Smart Ring memiliki desain yang kuat sehingga tidak mudah rusak dan tahan air dengan pilihan warna sebanyak 14 warna. Selain MasterCard, Visa juga turut mengembangkan teknologi ini dan menyuplai puluhan atlet yang berlaga di Olimpiade Rio 2016 dengan cincin berteknologi NFC dan terhubung dengan akun Visa masing-masing.

6. QRIS

Transaksi non tunai melalui smartphone kini juga semakin mudah, praktis dan cepat dengan resmi dipergunakannya QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard). Ini adalah kode QR standar nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sehingga pengguna di Tanah Air hanya membutuhkan satu QR Code untuk semua pembayaran. QRIS layak disebut inovasi canggih dan unik karena membuat merchant tidak perlu lagi memiliki banyak jenis QR Code dari berbagai produk dompet digital sebab QR Code telah terintegrasi menjadi satu jenis yaitu QRIS.

Salah satu perusahaan financial technology (fintech) yang berhasil mengimplementasikan QRIS adalah dompet digital DANA yang kemudian dikenal dengan nama DANA QRIS. Jadi, mau transaksi non tunai di toko/merchant mana pun yang memiliki QRIS kini sudah bisa menggunakan aplikasi DANA.

Transaksi lebih cepat dan efisien tanpa perlu gonta ganti aplikasi. Itulah beberapa pembayaran paling unik dan canggih di dunia. Nomor enam sudah pasti bisa kamu rasakan langsung inovasinya. Sementara untuk yang lain kita masih harus sabar menunggu kapan masuk ke Indonesia.

(sumber: liputan6.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top