Kaba Lifestyle

Semakin Tua, Tingkat Narsis Berkurang

Ilustrasi

Peneliti menemukan, sebagian besar orang yang beranjak tua, tingkat narsismenya akan berkurang atau tidak terlalu ingin menjadi pusat perhatian.

Hal tersebut terjadi lantaran orang sudah menyerap berbagai pelajaran hidup yang lebih banyak dari hari ke hari.

Kebanyakan orang akan menemui dan menghadapi banyak hal di kehidupan mereka, dan penyerapan ini membuat mereka menjadi rendah hati. Meskipun, masing-masing orang pun memiliki cara adaptasi yang bervariasi.

Hal serupa diungkapkan Stanley H Teitelbaum, seorang psikologis klinis dari New York sekaligus penulis “Illusion and Disillusionment” bahwa dalam beberapa kasus, tingkat narsisme seseorang bisa memudar seiring berjalannya waktu. Tapi ia juga mengingatkan bahwa narsisme bisa pula kian parah.

Yakni ketika keperluan untuk diakui itu menguat. Boleh jadi ini akibat ekspektasi yang gagal terpenuhi. Dan semakin tua justru akan meneguhkan keinginan memperlakukan dunia sesuai dengan standar mereka.

Apapun itu, barangkali salah satu cara yang bisa dilakukan agar tak terlalu mementingkan diri sendiri adalah dengan lebih memperhatikan sekitar. Juga sesekali berefleksi, apa yang bisa dilakukan untuk orang-orang di sekeliling Anda.

(sumber: cnnindonesia.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top