Kaba Otomotif

5 Tips Untuk Merawat Velg Mobil dengan Mudah

Bagian dari mobil yang sangat menunjang perjalanan yang Anda lakukan adalah mesin dan ban yang di dalamnya terdapat velg. Mesin pada mobil sangat penting untuk perjalanan karena menjadi pusat dari energi dan pergerakan.

Kalau komponen mesin ini mengalami gangguan, kemungkinan terjadi gangguan akan besar, bahkan mogok di jalan bisa terjadi.

Selanjutnya adalah ban termasuk ban luar, dalam, dan velg yang menjadi rumah dan penumpu baban mobil. Kalau bagian ini mengalami gangguan, kemungkinan terjadi gangguan selama perjalanan akan terjadi. Meski mesin mobil bisa berjalan dengan baik, kendaraan tidak akan melaju karena berhenti di tempat.

Nah, agar masalah ban khususnya velg ini tidak menjadi masalah, berikut beberapa cara merawat velg mobil yang benar:

1. Dicuci secara Rutin

Velg mobil akan menyatu dengan roda dengan sempurna. Karena letaknya di bawah, kemungkinan mengalami kotor akan semakin besar. Kalau mobil sering melewati jalanan yang becek, kemungkinan terjadi karat atau noda kering yang menempel akan besar. Dua hal itu akan susah dibersihkan.

Kalau jalanan sedang tidak basah atau terkena banjir, mungkin Anda bisa mencucinya setiap seminggu sekali bersama dengan bodi. Namun, kalau jalanan basah dan kotor, lakukan pencucian setiap hari atau dua hari sekali. Jangan biarkan noda di velg mengering dan susah dibersihkan dengan tangan.

2. Mengelap Velg Setiap Hari

Anda mungkin akan berpikir kalau mengelap velg setiap hari adalah pekerjaan yang sia-sia. Namun, melakukan pengelaman akan menghindari terjadinya karat dan membuat velg terawat dengan baik. Harga velg saat ini khususnya yang bagus tidak murah, jadi selama bisa menjaga, kenapa tidak dilakukan.

Pengelapan bisa dilakukan saat permukaan velg sedang basah atau penuh debu. Anda bisa menyiapkan kain khusus yang tidak merusak bahan. Dengan perawatan ini velg tidak akan mudah ganti. Selain itu, kemungkinan meningkatkan harga mobil seumpama Anda ingin tukar tambah juga semakin besar.

3. Hindari Jalanan yang Rusak

Kalau ingin velg awet dari awal beli jangan sesekali melewati jalanan yang rusak. Lebih baik melewati jalanan yang mulus meski agak jauh. Jalanan yang rusak dan berlubang akan membuat velg jadi mudah rusak. Kalau susah rusak, akan ada banyak komponen yang harus diganti.

4. Lakukan Pengecekan Sebelum Perjalanan Jauh

Sebelum melakukan perjalanan jauh ada baiknya untuk melakukan pengecekan velg. Jangan sampai velg mengalami gangguan sehingga kendaraan tidak bisa berjalan dan harus masuk ke bengkel.

5. Lakukan Perawatan Rutin Sebulan Sekali

Lakukan perawatan rutin sebulan sekali ke bengkel resmi dari merek mobil. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan semua komponen dari mobil termasuk velg bisa berjalan dengan lancar. Kalau pengecekan rutin tidak dilakukan, Anda tidak akan sadar kalau beberapa bagian velg atau ban ada yang rusak.

(Sumber: aca.co.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top