Kaba Terkini

Untuk Akurasi Data di Agam, Bappeda Gelar Sosialisasi

Lubukbasung, kaba12.com — Untuk aktualisasi dan akurasi data dan merealisasikan program satu data daerah, Pemkab Agam melalui Bappeda, gelar sosialisasi pengumpulan data statistic di aula Bappeda,Jumat,(14/2).

Sosialisasi yang digelar sehari penuh itu, menghadirkan beberapa nasumber penting terkait dengan program pendataan dan sistim, masing-masing Adek Budiman dari BPS Agam dan Fauzan Hutasuhut, Kadis.Kominfo Agam.

Menurut Welfizar, Kepala Bappeda Agam, sosialisasi yang digelar diharapkan bisa meningkatkan pemahaman dan kemampuan peserta utusan masing-masing OPD, untuk menghasilkan data dan menggunakan data indikator statistik untuk pengambilan kebijakan.

Ditambahkan, sosialisasi yang digelar, diharapkan bisa menyamakan persepsi pentingnya penyajian data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan dan mudah diakses public.

Welfizar menambahkan, dukungan dan ketersediaan data statistik yang berkualitas juga menjadi hal utama dalam melakukan perencanaan dan perumusan kebijakan, alat kontrol terhadap implementasi perencanaan, termasuk kebijakan alat yang bersifat evaluasi.

Sementara, menurut Adek Budiman, narasumber sosialisasi itu mengatakan, bahwa tidak semua data dapat dipenuhi oleh BPS, pasalnya, statistik dasar diselenggarakan BPS sedangkan statistik sektoral diselenggarakan oleh instansi pemerintah sesuai tupoksinya.

Adek Budiman berharap Diskominfo Agam, bisa menjadi leading sektor pengelolaan data statistik sektoral di Pemkab. Agam, dengan menetapkan acuan dan koordinator untuk memudahkan pengumpulan data statistik.

Sosialisasi dalam rangka akurasi dan satu data konkrit yang secara nasional ditetapkan pemerintah tersebut, diikusi seluruh unsur terkait di OPD Pemkab Agam yang akan diaplikasikan dalam tahun 2020 ini.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top