Kaba Otomotif

Tips Menghilangkan Suara Berisik dari Mesin Mobil Anda

Ilustrasi

Berkembangnya teknologi saat ini semakin membuat suara mesin mobil menjadi lebih hening dibandingkan mesin mobil lawas, terutama mesin diesel. Namun tahukah Anda ternyata ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar suara pada mesin diesel menjadi lebih hening.

Seperti diketahui, mesin diesel dikenal sering menimbulkan bunyi gemeretak yang terkadang kerap kali menyusup ke bagian dalam kabin mobil.

Namun ternyata ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meredam atau menghalangi suara bising dari mesin diesel agar tidak tembus ke bagian dalam kabin.

Caranya adalah dengan melakukan peredaman suara dengan cara menambah massa pada bagian pelat bodi dengan material yang elastis sehingga getaran suara dapat direduksi.

Saat ini, telah banyak produk peredam suara yang beredar di berbagai toko otomotif. Namun, dari sekian banyak produk peredam suara yang ada, tidak ada yang khusus diciptakan untuk mobil dengan mesin-mesin diesel sehingga diperlukan beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar kabin mobil diesel menjadi lebih senyap sehingga suara bising bisa segera direduksi.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetahui sumber suara bising terlebih dahulu, kemudian mengetahui posisi mesin, dan mengecek kondisi mesin agar “pengobatan” menjadi lebih efektif.

Sedangkan untuk mesin diesel yang menggunakan penggerak belakang dengan posisi mesin agak menjorok, maka yang perlu Anda lakukan adalah dengan memasang peredam tambahan di sepanjang jalur kopel melintang mulai dari girboks mesin hingga ke bagian gardan belakang.

Hal ini dilakukan untuk meredam suara yang timbul yang berasal dari perputaran kopel.

Sedangkan untuk sisanya, pemasangan peredam sama persis untuk kedua jenis penggerak, yaitu pada bagian Firewall untuk bagian dalam kabinnya, dan bagian engine bay untuk bagian sisi luar kanannya.

Pemasangan peredam ini bertujuan untuk meredam suara mesin diesel agar tidak tembus keluar dari engine bay dan tidak terlalu terdengar nyaring di luar kendaraan.-

 (Sumber: otomart.id)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top